Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 08-06-2023
  • 655 Kali

DP3AK Jatim Gandeng ADB Madura Genjot Penerapan IKD Sumenep

Media Center, Kamis (09/06) Menindaklanjuti Instruksi Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri tentang Penerapan Identitas Kependudukan Digital (IKD) serta dalam rangka upaya pemenuhan 25% target capaian IKD Jawa Timur tahun 2023, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan (DP3AK) Provinsi Jawa Timur gandeng Administrator Database (ADB) se-Madura untuk melakukan proses aktivasi IKD bagi Civitas Akademika di Universitas Wiraraja Sumenep, Kamis (08/06/2023). 

Kepala Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil DP3AK Jatim R Hari Chandra Novianto mengungkapkan bahwa penerapan IKD wilayah Madura masih rendah sehingga perlu difasilitasi dengan kegiatan bersama. 

"Untuk mendorong peningkatan penerapan IKD di Madura, kita gandeng ADB di empat kabupaten di Madura untuk menggenjot di tingkat perguruan tinggi dengan pertimbangan salah satunya kepemilikan smartphone," terangnya. 

"Kami menyadari bahwa rendahnya penerapan IKD di Madura diantaranya akses internet yang tidak merata," imbuhnya. 

Untuk itu pihaknya turun langsung ke empat kampus di Madura, divantaranya Universitas Trunojoyo Madura di Bangkalan, STIKES Sukma Wijaya di Sampang, IAIN Madura di Pamekasan dan Universitas Wiraraja di Sumenep. 

Sementara itu Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sumenep Wahasa menyambut baik fasilitasi penerapan IKD di Universitas Wiraraja. 

Ia juga menyampaikan pentingnya penerapan IKD, diantaranya lebih mudah, sederhana, efisien, juga tidak ada kerusakan fisik KTP maupun kehilangan KTP. 

"Dengan adanya IKD, masyarakat akan lebih mudah ketika melakukan transaksi pelayanan publik atau privat hanya melalui telepon genggam. Karena IKD memiliki beberapa fungsi yakni sebagai bukti identitas, otentifikasi identitas dan otorisasi identitas," terangnya. 

Ia juga mengharap kepada mahasiswa untuk ikut berperan aktif dalam mensosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk mengaktifkan IKD sebagsi bentuk pengabdian kepada masyarakat.

(Miko, Han)