Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 26-04-2023
  • 938 Kali

Festival Layangan LED Jadi Magnet Lestarikan Budaya

Media Centet, Rabu ( 26/04 ) Puluhan layangan bermacam bentuk menyemarakkan Festival Layangan LED yang diinisiasi Pemerintah Kabupaten Sumenep.

Uniknya layangan pada festival ini diterbangkan pada malam hari, di objek wisata Pantai Lombang Kecamatan Batang-batang.

Setiap peserta menghiasi layangannya dengan berbagai warna lampu LED agar terlihat menarik.

“Festival Layangan LED ini merupakan kegiatan berbasis budaya, mengingat layangan adalah salah satu budaya yang masih menarik dan diminati masyarakat,” kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi di sela-sela pembukaan Festival Layangan LED, Rabu (26/04/2023).

Di tengah era teknologi saat ini, perlu diadakan kegiatan bernuansa budaya lokal, sebagai langkah nyata, karena kaum melenial menyukai permainan digital seperti game online.

“Permainan modern yang mulai menggempur generasi muda, harus diadakan kegiatan budaya lokal salah satunya permainan layangan ini,” terang Bupati.

Selain pelestarian budaya, tutur Bupati, melalui festival layangan LED, sebagai media promosi wisata Pantai Lombang termasuk objek wisata lainnya, di Kabupaten Sumenep kepada masyarakat luar daerah.

“Festival ini, bagian penunjang potensi pariwisata daerah untuk menarik kunjungan wisatawan, setelah wabah Covid-19 yang melanda Indonesia dan dunia dua tahun terakhir,” tandasnya.

Sementara Panitia Penyelenggara Festival Layangan LED, Mujib menambahkan, peserta layangan LED 2023 sebanyak 67 layangan, dengan berbagai macam bentuk.

“Peserta di antaranya berasal dari masyarakat umum, Desa dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD),” pungkasnya. ( Yasik, Fer )