Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 10-06-2024
  • 238 Kali

Gelar Penyuluhan Bela Negara Bagi Siswa SMA Negeri 1 Sapeken

Media Center, Senin ( 10/06 ) Demi mewujudkan rasa kecintaan generasi muda kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Babinsa Koramil 0827/19 Sapeken Serka Airul Wafa memberikan pembekalan melalui penyuluhan Bela Negara kepada siswa-siswi SMA Negeri 1 Sapeken Kabupaten Sumenep.

Babinsa Serka Ainul Wafa mengungkapkan, penyuluhan Bela Negara ini untuk memberikan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) bagaimana mempertahankan kelangsungan hidup Bangsa dan Negara, menjaga identitas dan integritas bangsa, melestarikan budaya serta menjalankan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila dan UUD 1945.

“Kegiatan itu juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran generasi muda bahwa dirinya adalah warga NKRI yang mempunyai kewajiban dalam menjaga UUD 1945 dan Pancasila sebagai ideologi Negara," paparnya, Senin (10/06/2024).

Di samping itu juga untuk meningkatkan pemahaman bagi generasi muda akan hak dan kewajibannya, rasa cinta tanah air serta rela berkorban demi kepentingan Bangsa dan Negara. Serta pentingnya wawasan kebangsaan bagi para pemuda, sebagai ujung tombak dan tumpuan masa depan Bangsa Indonesia.

Ditambahkan, wawasan kebangsaan sangatlah penting untuk dipahami dan dilaksanakan oleh para generasi muda dengan harapan agar kehidupan Bangsa Indonesia ke depan bisa lebih baik dan bermartabat. Sehingga generasi muda bangsa ini memiliki kewajiban untuk menjaga kedaulatan negara, menjaga keutuhan wilayah NKRI serta menjaga keselamatan bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.

"Kami juga berpesan kepada seluruh siswa-siswi agar meningkatkan iman dan takwa, patuh kepada kedua orang tua, selalu taat pada aturan, baik di sekolah maupun di lingkungan masing-masing, jaga etika terhadap guru, teman dan orang lain. Bagi siswa siswi yang mengendarai sepeda motor agar menaati peraturan lalu lintas, jangan sampai terpengaruh maraknya penggunaan Narkoba, Miras, tawuran dan kegiatan yang melanggar hukum,” tambahnya.

Sementara Kepala SMAN 1 Sapeken, Wawan S.Pd, memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kolaborasi yang telah terbangun antara pihak sekolah dengan Koramil 0827/19 Sapeken khususnya bersama Babinsa.

"Kami berharap kegiatan ini tidak hanya sampai di sini kalau perlu ke depannya lebih ditingkatkan lagi dalam memberikan pembekalan seperti ini," tandasnya. ( Dim/Ren,Fer )