Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 30-06-2024
  • 246 Kali

IWO Sumenep Sukses Gelar Lomba Baca Puisi dan Pidato Karya Bung Karno 2024

Media Center, Minggu ( 30/07 ) Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumenep sukses menggelar Lomba Puisi dan Pidato Karya Bung Karno 2024, yang berlangsung selama dua hari, di Pendopo Agung Keraton Sumenep, dari 29 hingga 30 Juni 2024.

Ketua IWO Sumenep Imam Mustain, mengungkapkan, Lomba Baca Puisi dan Pidato Karya Bung Karno yang dilaksanakan sudah dua kali selama dua tahun berturut-turut sejak 2023 lalu bisa dikatakan sukses melihat antusias peserta yang sangat bagus. 

"Melihat antusias peserta Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo, menyarankan untuk berikutnya bisa dilaksanakan dengan lebih besar lagi yakni se-Madura, bahkan bisa ke Nasional," ujar Imam, Minggu (30/06/2024).

Pihaknya juga sangat berharap dukungan dan partisipasi dari semua pihak khususnya dari OPD di Kabupaten Sumenep untuk turut ambil bagian dalam menyukseskan kegiatan yang masuk dalam rangkaian event di Kabupaten Sumenep ini.

Untuk event ini pihaknya bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) dan Inspektorat Kabupaten Sumenep dan beberapa donatur.

"Karenanya, ke depan kami akan lebih intens melaksanakan komunikasi dengan instansi lainnya di Kabupaten Sumenep demi suksesnya event ini, seperti dari keterlibatan sebagai peserta lomba," tambahnya.

Sementara itu, Yohanes Iwan Hari Prasetyo perwakilan dari BKPSDM Kabupaten Sumenep yang berhasil meraih Juara I Lomba Pidato ala Bung Karno ini mengaku, prestasi tersebut diharapkan tidak hanya membawa kabar gembira pada instansinya, tetapi juga sebagai contoh kepada para anak muda, untuk terus mengukir prestasi dalam bidang apapun.

“Tentunya perasaan saya sangat senang, dan ini juga menginspirasi anak-anak muda, khususnya anak-anak saya agar senantiasa berprestasi dalam segala hal,” tuturnya.

Bahkan, dirinya sangat antusias dengan event yang diselenggarakan IWO Sumenep. Apalagi kata dia, tahun ini ada penambahan kategori dari sebelumnya. Untuk tahun lalu hanya ada lomba baca puisi, sedangkan sekarang sudah ditambah lagi dengan pidato.

Menurutnya, apa yang dilakukan IWO Sumenep juga merupakan langkah positif untuk mengenalkan sosok sang Proklamator dan patriot bangsa tersebut, kepada para kaula muda. Karena pada dasarnya pemuda harus ingat jasa-jasa pahlawan yang telah memerdekakan Negara Republik Indonesia ini.

Karenanya, salah satu upaya yang dilakukan untuk mempersiapkan mengikuti lomba pidato ini dirinya mencoba mengulang kembali memori-memori dari pidato-pidato Bung Karno bahkan, tidak hanya belajar tapi untuk menggairahkan ilmu, agar benar-benar teringat kepada jasa para pahlawan Indonesia.

"Ke depan diharapkan kegiatan tersebut tidak hanya lokal, tetapi sudah berskala nasional, sebagaimana yang disampaikan Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo saat pembukaan acara," tandasnya.

Sedangkan para pemenang lomba pidato Bung Karno ini, Juara 1 Yohanes Iwan Hari Prasetyo dari Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sumenep, Juara 2 Moh. Afif F Wildan dari SMAN 1 Sumenep, Juara 3 Fathor Rosi dari Kecamatan Gapura dan Juara 4 Aril Saputra dari Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Amien Prenduan.

Kemudian untuk pemenang lomba Baca Puisi Karya Bung Karno, yakni Juara 1 Valensia Mauris dari SMPI Kabupaten Bangkalan, Juara 2 Cendikia Prakarsa dari Kabupaten Pamekasan, Juara 3 A. Basri dari Kelurahan Kepanjin dan Juara IV Nafisah Ababil dari SMAN 1 Sumenep. ( Ren, Fer )