Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 03-07-2024
  • 164 Kali

Kantor Kemenag Sumenep Gelar Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Kabupaten

Media Center, Rabu (03/07) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumenep menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat kabupaten untuk jenjang MI, MTs, dan MA. Kompetisi tersebut dilaksanakan pada  01 hingga 03 Juli 2024 di empat lokasi, yaitu MAN Sumenep, MTsN 2 Sumenep, Kecamatan Arjasa, dan Kecamatan Raas.

Kepala Kantor Kemenag Sumenep Abdul Wasid mengatakan, KSM merupakan ajang bergengsi bagi siswa madrasah untuk menguji kemampuan akademik mereka di bidang sains. Tahun ini, KSM di Kabupaten Sumenep diikuti oleh ratusan siswa dari berbagai madrasah di seluruh wilayah kabupaten Sumenep.

Ia menyampaikan bahwa, kompetisi ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan madrasah dan memotivasi siswa untuk terus belajar dan berprestasi.

"KSM ini merupakan ajang bagi siswa-siswi madrasah untuk menunjukkan kemampuan mereka di bidang sains. Melalui kompetisi ini, diharapkan dapat memotivasi mereka untuk terus belajar dan berprestasi," terang Wasid, Rabu (03/07/2024).

Sementara itu, Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Sumenep Muhammad Shadiq, berpesan kepada para peserta KSM untuk mengerjakan soal dengan teliti dan penuh semangat. 

"Jangan takut salah, yang terpenting adalah kalian berusaha semaksimal mungkin," ungkapnya.

Shadiq menjelaskan, KSM tingkat kabupaten ini mempertandingkan beberapa mata pelajaran sains di tingkat MA/SMA yakni Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi dan Geografi, sedangkan untuk yang tingkat MTs/SMP yaitu Matematika, IPA Terpadu dan IPS Terpadu. Untuk Tingkat MI/SD ialah Matematika dan IPAS.

Menurutnya, KSM tingkat Kabupaten ini merupakan tahapan awal untuk menuju KSM tingkat provinsi dan nasional. Para juara KSM tingkat Kabupaten akan mewakili Kabupaten Sumenep untuk bertanding di tingkat provinsi Jawa Timur.

“Diharapkan melalui KSM ini, akan lahir bibit-bibit unggul dari madrasah di Sumenep yang mampu mengharumkan nama Kabupaten Sumenep di kancah nasional dan internasional,” pungkasnya. (Mujib/Ismi, Han)