Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 29-04-2024
  • 160 Kali

Kemenag Sumenep Tutup Bimbingan Manasik Haji Serentak di Seluruh Kecamatan

Media Center, Senin (29/04) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumenep menutup kegiatan bimbingan manasik haji tingkat kecamatan yang digelar serentak baik di daratan maupun kepulauan, Senin (29/04/2024). Kegiatan bimbingan manasik tersebut dilaksanakan selama 6 hari, mulai tanggal 24-29 April 2024.

Penutupan dilakukan secara simbolis oleh Kepala Kantor Kemenag Sumenep, terhadap Calon Jemaah Haji (CJH) dari Kecamatan Lenteng dan Batuan, bertempat di Aula KUA Kecamatan Lenteng.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kemenag Sumenep Abdul Wasid, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam penyelenggaraan kegiatan. Ia berharap ilmu dan pengetahuan yang diperoleh selama bimbingan manasik haji tersebut dapat bermanfaat bagi para CJH dalam melaksanakan ibadah haji dengan lancar, khusyuk, dan mabrur.

"Kepada para CJH, saya berpesan agar senantiasa menjaga kesehatan dan mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya sebelum berangkat ke Tanah Suci," ujar Abdul Wasid.

Kegiatan bimbingan manasik haji diikuti oleh sekitar 894 CJH dari seluruh Kabupaten Sumenep.

Selama kegiatan bimbingan manasik haji, para CJH mendapatkan materi tentang rukun dan wajib haji, syarat dan rukun umrah, persiapan fisik dan mental, kesehatan dan penyakit selama haji, perlengkapan haji, tata cara thawaf, sa'i, dan wuquf. Di samping pengenalan tempat-tempat suci di Mekkah dan Madinah, serta etika dan adab dalam berhaji.

Selain itu, para CJH juga berkesempatan untuk mendapatkan simulasi praktik manasik haji. Kegiatan simulasi bertujuan untuk memberikan gambaran kepada para CJH tentang bagaimana pelaksanaan ibadah haji sebenarnya di Tanah Suci.

(Mujib/kmn, Han)