Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 31-05-2023
  • 293 Kali

Ketua BPD Sentol Daya: Pentingnya Inventarisasi Aset Desa

Media Center, Rabu ( 31/05 ) Guna merawat aset Pemerintah Desa (Pemdes), Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sentol Daya Kecamatan Pragaan Nawari menegaskan, seluruh aset yang dimiliki perlu diinventarisir dengan harapan agar bisa dikelola dan dirawat oleh generasi penerus, sehingga dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kesejahteraan masyarakat.

“Sudah saatnya pemerintah Desa Sentol Daya melakukan inventarisasi terhadap aset-aset desa, baik aset bergerak maupun tidak bergerak. Seperti halnya tanah percaton, Alat Mesin Pertanian (Alsintan), Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas), gudang garam dan lainnya,” terang Nawari saat rapat bersama aparat pemerintah desa di Balai Desa setempat, Rabu (30/05/023).

Ia menambahkan, setelah semua aset terinventarisir, tentunya mempermudah pemerintah desa untuk mengelola dan merawatnya, sehingga aset desa tidak akan hilang begitu saja seiring bergantinya generasi. 

“Selain itu, lewat kesempatan ini kami juga mengusulkan kepada pemerintah desa membentuk Karang Taruna, serta mengalokasikan dana sosial untuk mahasiswa kurang mampu. Hal ini penting agar generasi muda kita menjadi pribadi yang terampil dan terdidik,” imbuhnya.

Pj. Kepala Desa Sentol Daya, Musahwi menyampaikan apresiasi positif. Menurutnya, inventarisasi aset desa sudah seharusnya dilakukan agar apa yang telah dimiliki, dapat dikelola dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh generasi yang akan datang.

“Sungguh sangat disayangkan apabila aset yang dimiliki desa, hilang begitu saja atau jatuh ke tangan oknum yang tidak bertanggung jawab. Kami beserta seluruh perangkat desa berusaha untuk merealisasikan usulan dari BPD ini,” pungkasnya. ( KIM-KMAP/Ismi,Fer )