Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 08-10-2024
  • 132 Kali

Kodim 0827/Sumenep Gelar Upacara HUT TNI ke-79

Media Center, Selasa (08/10) Kodim 0827/Sumenep menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI) ke-79 di Makodim 0827/Sumenep, Selasa (08/10/2024).

Upacara dipimpin langsung oleh Dandim 0827/Sumenep Letkol Inf Yoyok Wahyudi, S.I.P.,M.Han. Sementara bertidak sebagai Komandan Upacara Danramil 0827/20 Sapudi Kapten Kav Suparman.

Turut hadir Forkopimda Kabupaten Sumenep, Pimpinan OPD Kabupaten Sumenep, Kasdim 0827/Sumenep Mayor Cba Ari Pamungkas, Perwira Staf, jajaran Danramil, Ketua Persit KCK Cabang XLVI Nurul Yoyok Wahyudi dan tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Yoyok Wahyudi membacakan amanat Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. 

Dalam amanatnya Panglima TNI menyampaikan pentingnya rasa syukur atas rahmat Tuhan Yang Maha Esa sehingga upacara dapat dilaksanakan dalam keadaan sehat dengan penuh hormat dan kecintaan dengan negara.

Tema peringatan HUT TNI ke-79 kali ini adalah “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju.”

Menurutnya, tema tersebut sangat relevan dalam merefleksikan cita-cita, semangat dan tujuan TNI sebagai prajurit yang profesional, responsif, integratif, modern, dan adaptif, dalam menjaga serta mengawal kelangsungan hidup bangsa dan negara.

"Prajurit TNI sebagai pilar pertahanan negara memiliki peran dan tanggung jawab dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI, serta mendukung percepatan program pembangunan nasional dan ketahanan negara dalam mewujudkan Indonesia maju," ujarnya.

Panglima TNI berharap seluruh prajurit TNI mampu mendukung percepatan program pembangunan nasional serta menjaga ketahanan negara.

"Di tengah perkembangan lingkungan strategis yang dinamis, TNI perlu terus mengembangkan kapabilitasnya untuk menghadapi tantangan baru," ungkap Panglima TNI seperti dibacakan Yoyok.

Dalam amanat tertulis tersebut, Panglima TNI mengingatkan bahwa untuk mencapai modernisasi, TNI harus didukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas, inovatif, dan memiliki kemampuan tinggi.

"Setiap prajurit TNI dituntut untuk memiliki kemampuan dasar tempur, menguasai bela diri, serta mahir dalam mengoperasikan alat utama sistem persenjataan (alutsista) berteknologi tinggi," jelasnya.

Prajurit TNI juga diingatkan untuk mengedepankan kepentingan rakyat di atas kepentingan pribadi. Panglima menekankan bahwa tindakan yang tidak bijaksana sekecil apapun dapat merusak jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, dan tentara nasional yang profesional.

"Oleh karenanya, seluruh prajurit harus bekerja keras dan ikhlas demi kepentingan bangsa dan negara," pesannya.

Pada akhir amanat, Panglima menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh prajurit atas dedikasi dan integritas yang telah ditunjukkan selama ini. Berkat komitmen prajurit, TNI mampu mempertahankan kepercayaan dan dukungan dari rakyat Indonesia. Hal ini menjadi bukti bahwa TNI terus berada di hati masyarakat.

Setelah upacara, kegiatan dilanjutkan pertunjukan PBB dari siswa-siswi SMPN 1 Sumenep dan SMAN 1 Sumenep yang meraih juara 1 di tiap tingkatan. Selanjutnya pertunjukan penca silat binaan Kodim 0827/Sumenep Pagar Nusa.

Selain itu, penyerahan piala dan piagam kepada pemenang lomba PBB dalam rangka HUT TNI ke 79. Kemudian dilanjutkan penyerahan santunan kepada para anak yatim piatu, pemberian sembako kepada PPAD dan Warakawuri yang ada di wilayah Sumenep.

(Dim, Han)