Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 17-10-2024
  • 62 Kali

Kodim 0827/Sumenep Gelar Upacara Tujuh Belasan, Kasdim Bacakan Amanat Panglima TNI

Media Center, Kamis (17/10) Kodim 0827/Sumenep menggelar Upacara Bendera 17-an bulan Oktober 2024 bertempat di lapangan apel Makodim 0827/Sumenep, Kamis (17/10/2024). Upacara dipimpin oleh Kasdim 0827/Sumenep Mayor Cba Ari Pamungkas.

Bertindak sebagai komandan upacara, Danramil 0827/15 Batu Putih Lettu Inf Chamim diikuti perwira Staf, jajaran Danramil, anggota dan PNS Kodim 0827/Sumenep.

Dalam upacara tersebut, Kasdim 0827/Sumenep Mayor Cba Ari Pamungkas membacakan amanat dari Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si yang intinya menyampaikan bahwa di bulan Oktober tahun 2024 bertepatan dengan bulan bersejarah, peringatan Hari Ulang Tahun TNI ke-79 yang jatuh pada tanggal 5 Oktober 2024.

Agus Subiyanto dalam amanatnya mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh personel yang terlibat pada peringatan HUT TNI ke 79 TNI, baik sebagai bagian dari kepanitiaan maupun sebagai peserta upacara dan pendukung dimanapun berada.

Disampaikan juga bahwa dalam waktu dekat akan memiliki dua agenda politik nasional yang sangat menentukan kewibawaan pemerintah dan keberlanjutan pembangunan, yakni yang pertama pada tanggal 20 Oktober ini akan ada pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI.

Pada bulan November akan dilaksanakan pemilihan kepala daerah serentak di 37 Provinsi dan 508 Kabupaten/Kota.

"Saya ingatkan kembali bahwa TNI harus netral. Komitmen Netralitas TNI merupakan wujud nyata bahwa TNI tidak ingin kembali ke ranah politik praktis," tegas Panglima TNI dalam amanat tertulisnya.

Namun, tugas TNI dalam pilkada serentak harus dimengerti dan dipahami oleh seluruh prajurit yaitu, membentuk pemerintah dalam penyelenggaraan pilkada serentak dan membantu Polri dalam pengamanan setiap tahapannya.

"Saya ingatkan agar selalu melakukan pemetaan potensi kerawanan di wilayah masing-masing. Lakukan mitigasi atas potensi ancaman kerawanan tersebut, jalin komunikasi dengan semua tokoh masyarakat, perkuat sinergitas TNI-Polri dan instansi atau organisasi lainnya,” ungkap Agus Subiyanto dalam amanatnya yang dibacakan Ari Pamungkas.

Diakhir amanat, diyakini bahwa dengan upaya upaya tersebut TNI dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara profesional dan bermartabat. Tingkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral pengabdian kepada bangsa dan negara.

Selanjutnya, Agus Subiyanto meminta menjaga soliditas dan kekompakan TNI dengan meningkatkan jiwa korsa dan kepedulian antar prajurit.

"Tingkatkan kemampuan deteksi dini dan cegah dini terhadap setiap potensi kerawanan dan ancaman guna menjamin terciptanya stabilitas nasional, serta perkuat hubungan TNI dengan rakyat karena kemanunggalan TNI-Rakyat pada hakekatnya adalah kekuatan pertahanan nasional dalam menghadapi berbagai ancaman," tutupnya.

(Dim, Han)