Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 03-03-2024
  • 166 Kali

Kodim 0827/Sumenep Lakukan Penanaman Jagung Seluas 5 Hektar

Media Center, Ahad (03/03) Kodim 0827/Sumenep melakukan penanaman jagung di Desa Palasa, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep. Penanaman jagung dilakukan secara serentak di jajaran Kodam V/Brawijaya, Ahad (03/03/2024).

Penanaman jagung dipimpin oleh Dandim 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, S.E.,M.Si.,M.Sc. didampingi Pgs. Pasiter Kodim 0827/Sumenep, Danposramil Talango, Babinsa, kelompok tani dan masyarakat.

Donny Pramudya Mahardi kepada Media Center mengatakan, penanaman jagung yang dilakukan bersama petani di Palasa seluas 5 hektar.

"Masyarakat Sumenep cinta jagung, dan tentunya ini menjadi kekuatan ketahanan pangan dan kekuatan ekonomi bagi petani, dan menanam jagung hasilnya tidak pernah rugi," ujarnya.

Pihaknya mengatakan bahwa mayoritas orang Madura menanam jagung di musim kemarau. Namun, di musim tersebut sering terkendala dengan air.

"Solusinya perlu membuat sumur sible atau sumur listrik, sehingga masyarakat bisa bercocok tanam sepanjang tahun, baik musim hujan maupun musim kemarau," ungkap Donny Pramudya Mahardi.

Menurut Donny, penanaman jagung merupakan langkah strategis dalam memastikan ketersediaan pangan lokal dan mendukung ketahanan pangan.

"Diharapkan hasilnya dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat, ekonomi meningkat dan Sumenep khususnya menjadi sentra jagung nasional," harapnya.

(Dim, Han)