Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 18-09-2024
  • 112 Kali

Kodim 0827/Sumenep Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H

Media Center, Rabu (18/09) Kodim 0827/Sumenep memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H, di Aula Makodim setempat, Rabu (18/09/2024).

Acara dihadiri oleh Danramil 0827/01 Kota Kapten Inf Nanang Fadhori yang mewakili Dandim 0827/Sumenep, Perwira Staf, jajaran Danramil, Wakil Ketua Persit KCK Cabang XLVI beserta pengurus dan seluruh anggota Kodim 0827/Sumenep.

Peringatan mengusung tema "Meneladani Akhlak Nabi Muhammad SAW dalam mewujudkan personel TNI AD yang religius".

Kegiatan diawali dengan pemberian santunan kepada 20 anak yatim dari Panti Asuhan Amanah Ummah. Kemudian dilanjutkan sambutan dari Danramil 0827/01 Kota Kapten Inf Nanang Fadhori.

Dalam sambutannya, Nanang Fadhori mengatakan bahwa peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW menjadi momentum bagi seluruh anggota Kodim 0827/Sumenep untuk meningkatkan keimanan dan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW.

"Nabi Muhammad SAW adalah figur yang sempurna dan mulia, dan patut kita jadikan teladan dalam kehidupan. Meneladani akhlak beliau dapat menyeimbangkan kehidupan spiritual dan aktivitas sehari-hari sehingga kita bisa meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat," ujarnya.

Lebih lanjut, Nanang menambahkan pentingnya menjaga keseimbangan antara kehidupan spiritual dan duniawi.

"Sebagai prajurit, kita perlu menanamkan nilai-nilai agama dalam setiap langkah kita agar mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat," pungkasnya.

Acara dilanjutkan melantunkan Sholawat Nabi Muhammad SAW dan qiyam oleh Hadrah Arrohmah.

Peringatan Maulid Nabi juga diisi dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz H. M. Bahrul Widad Suyuthi dari Ponpes Al Bustan, Kecamatan Gapura.

Dalam ceramahnya, Bahrul Widad menyampaikan tujuan dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW adalah untuk meningkatkan kecintaan kepada Baginda Rasulullah dan meneladani akhlak mulianya.

"Semoga kita yang hadir mendapat do'a dari para malaikat dan ikut kedalam rombongan Rasulullah SAW untuk masuk pada surgaNya Allah SWT," ucapnya.

Ia mengatakan sebagai umat islam, contoh yang paling baik untuk ditiru, teladan yang paling utama dijadikan panutan tidak lain adalah Rasulullah SAW.

"Siapapun kita, apapun jabatannya, maka untuk kita bahagia dunia akhirat adalah mencontoh kepada Rasulullah SAW," ujar Bahrul Widad Suyuthi.

Bahrul juga mengatakan bahwa Rasullah SAW adalah seorang tentara yang memimpin 27 kali peperangan, dan 38 kali mengomando terhadap peperangan.

Ia berpesan agar mencontoh Rasulullah SAW sebagai seorang ahli strategi dan pertempuran.

"Rasulullah adalah seorang Jenderal, maka bila kita seorang tentara, maka kita mencontoh Rasulullah bagaimana ketika menjadi tentara," pesannya.

Sebagai umat Rasulullah, lanjut Bahrul Widad, maka harus selalu meneladaninya dengan bersholawat dan terus bersyukur atas nikmat Allah SWT.

"Rasulullah adalah cahaya terhadap umat manusia, jika manusia merasa bingung maka bacalah sholawat dengan syafaat beliau maka kebingungan itu akan hilang," imbuhnya.

Acara berlangsung dengan khidmat dan penuh rasa syukur, ditutup dengan doa bersama untuk keberkahan dan keselamatan bagi seluruh anggota Kodim 0827/Sumenep serta keluarganya.

Peringatan juga diharapkan dapat semakin memperkuat keimanan dan semangat religius di kalangan prajurit, dan Persit Kodim 0827/Sumenep.

(Dim, Han)