Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 04-10-2023
  • 477 Kali

Kopwan Potre Koneng Dorong Digitalisasi Koperasi di Sumenep

Media Center, Rabu (04/10) Koperasi Wanita (Kopwan) Potre Koneng bekerja sama dengan Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Sumenep menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Digitalisasi Laporan Keuangan Koperasi, Rabu (04/10/2023).

Kegiatan yang diikuti oleh 28 koperasi dari berbagai sektor usaha di Kabupaten Sumenep tersebut digelar di Aula Gedung Kopwan Potre Koneng, Jalan Dr. Cipto Sumenep.

Ketua Kopwan Potre Koneng Sri Yuliani mengatakan, digitalisasi adalah hal yang penting untuk dilakukan oleh koperasi. Melalui digitalisasi, koperasi dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas, serta mempermudah pengelolaan dan pelaporan keuangan.

"Dukungan teknologi digital sangat penting untuk kemajuan koperasi," kata Yuliani.

"Dengan digitalisasi, koperasi dapat menjadi lebih transparan dan akuntabel, serta dapat meningkatkan daya saingnya." imbuhnya.

Yuli, panggilan wanita cantik yang pernah mendapat penghargaan sebagai tokoh penggerak koperasi terbaik tingkat nasional yang diberikan oleh Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) pada Hari Koperasi Nasional tahun 2023 tersebut menyampaikan, ancaman koperasi saat ini adalah kemudahan perbankan dalam penyaluran kredit hingga pinjaman terkecil.

"Perbankan dalam kenyataannya ikut melayani peminjaman di bawah Rp 25 juta, yang seharusnya itu jadi garapannya koperasi", keluhnya.

Hadir sebagai narasumber dari pihak Lembaga Pendidikan Perkoperasian Wilayah Jawa Timur. Para peserta mendapatkan materi tentang manfaat digitalisasi koperasi, pengetahuan dasar keuangan koperasi, serta bagaimana cara mengimplementasikan digitalisasi pada koperasi.

(Mik, Han)