Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 25-10-2024
  • 149 Kali

KPU Bersama IWO Sumenep Gelar Sosialisasi Pilkada 2024 bagi Pemilih Pemula

Media Center, Jumat ( 25/10 ) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep menggandeng Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumenep melaksanakan Sosialisasi Pilkada Serentak 2024 bagi pemilih pemula khususnya kalangan santri di Pondok Pesantren Al-Islamiyah, Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Sosialisasi Pilkada bertema "Membangun Pilkada yang Berkualitas Bersama Pemilih Pemula", selain dihadiri dari unsur KPU dan pengurus IWO Sumenep juga dihadiri perwakilan Camat Rubaru, Kapolsek, PPK, Panwascam, tokoh agama, tokoh pemuda, dan puluhan santri dari pesantren setempat.

Komisioner KPU Kabupaten Sumenep, Muhlis, mengungkapkan, melalui kegiatan tersebut diharapkan para santri sebagai pemilih pemula semakin paham pentingnya partisipasi dalam Pilkada.

"Kami menekankan pentingnya peran pesantren dalam mengedukasi pemilih pemula dalam Pilkada 2024 yang akan digelar November mendatang," ujarnya, Jumat (25/10/2024).

Muhlis menyampaikan terima kasih kepada pengasuh serta keluarga besar Pondok Pesantren Al-Islamiyah yang telah menyediakan tempat dan fasilitas, sehingga sosialisasi tersebut berjalan lancar.

Pihaknya juga berharap agar pelaksanaan Pilkada serentak 2024 berjalan damai dan kondusif hingga hari pencoblosan pada 27 November 2024 mendatang.

“Pada hari pencoblosan nanti, kita akan memilih Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumenep dengan dua pasangan calon yang akan bertarung,” tandasnya.

Sementara Ketua IWO Sumenep, Imam Mustaim R, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut menjadi kolaborasi perdana antara IWO dan KPU Sumenep, dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan pesta demokrasi khususnya di Kabupaten Sumenep.

“Alhamdulillah, ini baru pertama kali KPU Kabupaten Sumenep menggandeng kami dalam sosialisasi tersebut. Semoga ke depan kerja sama ini bisa terus terjalin,” ujarnya.

Imam juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada KPU Kabupaten Sumenep yang telah mendukung dan memberikan kepercayaan kepada PD IWO Sumenep dalam menyelenggarakan sosialisasi, Pilkada serentak 2024 untuk pemilih pemula khususnya kalangan santri.

“Acara ini murni didukung oleh KPU Kabupaten Sumenep. Kami sangat berterima kasih atas kepercayaannya,” lanjutnya.

Pada kegiatan tersebut juga menghadirkan Badrur Rosi, seorang jurnalis lokal, sebagai pemateri yang menyampaikan materi berkaitan dengan peran pemuda dalam menjaga demokrasi dan pentingnya menggunakan hak suara dalam Pilkada.

Dengan adanya sosialisasi ini, KPU dan IWO Sumenep berharap pemilih pemula, terutama para santri, menyadari betapa pentingnya hak suara mereka dalam menentukan masa depan daerah lima tahun ke depan. ( Ren, Fer )