Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 23-11-2015
  • 650 Kali

Kriteria Berubah, Tahun Ini Sumenep Batal Peroleh Adipura

News Room, Selasa ( 24/11 ) Untuk pertama kalinya Sumenep batal memperoleh Adipura di tahun 2015 ini. Padahal, selama kurang lebih 7 tahun, Sumenep selalu meraih Adipura.

"Penyebabnya hanya satu, yakni adanya perubahan kriteria penilaian yang dititik beratkan pada TPA dan Ruang Terbuka Hijau (RTH),"kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumenep, Drs. Hadi Soetarto, M.Si, Selasa (24/11). 

Menurutnya, jika mengacu pada penilaian yang ada, Sumenep sudah berada diangka 50 hingga 100, namun karena kriterianya cukup berat, sehingga tahun ini Adipura terlepas.

"Dalam ketentuannya, RTH harus tersedia 20 hektare. Sementara di Pemkab Sumenep masih dibawah 10 hektar. Inilah yang membuat Sumenep gagal meraih Adipura ditahun ini,"terangnya.

Sekda mengungkapkan, pihaknya akan berupaya memenuhi kriteria terbaru itu, yakni minimal menyediakan lahan 10 hektar untuk RTH, demi mendapatkan Adipura tahun depan.

"Kami akan sediakan 10 hektar terlebih dahulu sebagai RTH. Insha Allah tahun 2016, Sumenep bisa kembali peroleh Adipura,"ungkapnya. ( Nita, Esha )