Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 14-09-2024
  • 137 Kali

Layak Manis Juara Anugerah Inovasi Daerah 2024

Media Center, Sabtu ( 14/09 ) Inovasi Layanan Pensiun Duduk Manis (Laris Manis) hantarkan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sumenep meraih juara I pada Anugerah Inovasi Daerah 2024 kategori OPD.

Inovasi ini dalam rangka memberikan layanan dan penghargaan terbaik kepada calon penerima pensiun sebagai pahlawan birokrasi, sehingga mempercepat proses pelaksanaan layanan pensiun, mudah, dan diterima sebelum masa pensiun.

"Yang jelas penghargaan ini menjadi semangat dan motivasi BKPSDM untuk terus melahirkan berbagai inovasi dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik bagi ASN di Kabupaten Sumenep," kata Plt. Kepala BKPSDM Kabupaten Sumenep Arif Firmanto kepada Media Center, Sabtu (14/09/2024).

Sebelum adanya Layanan Pensiun Duduk Manis (Layak Manis), para pensiunan terlambat menerima Surat Keputusan (SK) pada bulan yang bersangkutan pensiun, belum menerima pangkat pengabdian, belum menerima tunjangan hari tua, dan juga belum bisa menerima gaji pertama pensiun.

Namun, setelah adanya inovasi Layak Manis, surat keputusan pensiun sudah dapat diterima untuk pengurusan SK pangkat pengabdian, menerima pangkat pengabdian, menerima tunjangan hari tua, gaji pertama pensiun sudah dapat diterima pada awal bulan ASN pensiun.

“Secara teknis sudah tersedia fitur notifikasi melalui Smart Id Card (SIC), dalam waktu 6 (enam) bulan sebelum masuk bulan pensiun, penjemputan SKPP ke BKPSDM oleh petugas PT. Taspen, mengurangi hampir 90% tatap muka dengan petugas atau operator, bahkan tidak ada kecuali ada kendala, paperless, dan layanan antar SK pensiun express kepada ASN bersangkutan,” pungkas Arif Firmanto. ( Yasik, Fer )