Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 25-03-2015
  • 363 Kali

Masuk Transisi, Musim Penghujan Segera Berakhir

News Room, Kamis ( 26/03 ) Musim penghujan, khususnya di wilayah Kabupaten Sumenep, dipastikan akan segera berakhir. Pasalnya, pergerakan arah angin saat ini sudah mulai berubah. Hembusan angin muson yang semula berasal dari arah barat, kini bertiup dari arah timur tenggara. 

“Jadi, istilahnya saat ini kita sudah mulai memasuki masa musim transisi dari musim penghujan ke musim kemarau,”kata Prakirawan Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kalianget, Endriyono pada News Room, Kamis (26/03).

Menurut Endriyono, curah hujan tak menentu yang turun akhir-akhir ini merupakan hal yang lumrah. Hal itu disebutnya merupakan tanda-tanda alamiah dari datangnya musim transisi. “Ya, itu normal. Jadi kadang hujan, kadang panas. Itu biasa. Kalau yang jadi tanda pastinya arah angin muson dari timur tenggara atau dari arah Australia,”tambahnya.

BMKG Kalianget memperkirakan bulan April mendatang sebagai awal masuknya musim kemarau. Tepatnya dasarian terakhir bulan April 2015 hingga dasarian pertama bulan Mei 2015.

“Jadi dimulai sekitar tanggal 21 April 2015. Istilahnya dasarian atau sepuluh hari terakhir di bulan depan,”pungkas Endriyono. ( Farhan, Esha )