Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 26-04-2024
  • 174 Kali

Monumen Pesawat OV-10 Bronco di Lapter Trunojoyo Sumenep Terus Dilakukan Pemeliharaan

Media Center, Jum'at ( 26/04 ) Pemeliharaan terhadap monumen Pesawat Terbang berjenis OV-10 Bronco yang ada sejak 2015 di pintu masuk utara Lapangan Terbang (Lapter) Trunojoyo yang berada di Desa Kacongan Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep, terus dilakukan Dinas terkait.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Disperkimhub), Drs. H. Yayak Nurwahyudi, M.Si, melalui Kepala Bidang Prasarana dan Keselamatan Transportasi, Imam Afif Rusidy, S.Sos, M.Si, menjelaskan, pemeliharaan terhadap monumen Pesawat terbang tersebut perlu terus dilakukan sehubungan dengan sejarah difungsikannya Bandara Trunojoyo Sumenep yang melibatkan Angkatan Udara dengan menempatkan monumen Pesawat Terbang seperti yang terlihat sekarang.

"Untuk menjaga agar monumen tersebut tetap terjaga diperlukan pemeliharaan, karena apabila tidak tentu akan mengalami kerusakan dan sebagainya," ujar Imam Afif, Jum'at (26/04/2024).

Diakuinya, jika pemeliharaan sudah dilakukan dari tahun-tahun sebelumnya, bahkan untuk 2023, dilakukan pemagaran seputar lokasi monumen.

Itu dilakukan karena ketika sebelum dipagar banyak fasilitas monumen yang rusak, bahkan di body monumen pesawat banyak yang rusak, patah dan pecah.

Karenanya pihaknya berkoordinasi dengan Angkatan Udara terkait dengan perbaikan pesawatnya. Karena yang tahu dan bisa melakukan penggantian maupun perbaikan body pesawat dari institusi TNI AU.

"Jadi, kami menyediakan anggaran sedangkan secara teknis dari TNI AU yang tahu, termasuk untuk bahan dan pengecatannya nanti," tandasnya.

Untuk itu, Imam Afif juga berharap khususnya bagi masyarakat sekitar dan pengunjung yang datang untuk sekedar berswafoto dan sebagainya, jangan sampai merusak bangunan monumen apalagi mengambil barang atau bagian yang ada di monumen pesawat tersebut.

Jadikan monumen Pesawat Terbang satu-satunya yang ada di Kabupaten Sumenep tersebut sebagaimana merasa memiliki agar dijaga keutuhannya. ( Ren, Fer )