Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 10-05-2022
  • 1298 Kali

PAD Pesta Ketupat di Pantai Lombang dan Slopeng Sumenep Tembus Rp230 Juta

Media Center, Selasa ( 10/05 ) Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor wisata di event pesta ketupat di Kabupaten Sumenep, sejak 02 hingga 10 Mei 2022, tembus Rp230 juta.

Perolehan PAD itu didapat dari dua wisata bahari yakni Pantai Slopeng dan Pantai Lombang, yang dikelola Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Sumenep.

"Alhamdulillah berkat kerja keras teman-teman bersama masyarakat menghasilkan PAD di sektor wisata yang cukup fantastis hingga mencapai Rp230 juta, selama 8 hari," ujar Kepala Disbudporapar Kabupaten Sumenep, Moh. Iksan, Selasa (10/05/2022).

Angka PAD ini, lanjut Iksan, di atas target awal sebesar Rp150 juta, dan akan terus bertambah karena event pesta ketupat tersebut masih berlangsung hingga 16 Mei 2022.

"Perolehan PAD ini melampaui target kami yang Rp150 juta. Hasilnya, selama 8 hari saja sudah tembus Rp230 juta. Ini akan terus bertambah karena event pesta ketupat berakhir sampai 16 Mei 2022," tuturnya.

Iksan juga menuturkan, untuk jumlah pengunjung di kisaran 19 ribu lebih, terbanyak pengunjung di Pantai Lombang yang mencapai sebanyak 13 ribu lebih. Sedangkan Pantai Slopeng sebanyak 6 ribu lebih.

"Ini merupakan angka cukup fantastis. Tapi, kami selalu mengimbau kepada pengunjung wisata dan pengelola, agar tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). Hal itu untuk menghindari penyebaran Covid-19," terangnya.

Bahkan, pengelola wisata, Iksan meminta agar sapta pesona wisata untuk selalu dijaga seperti kebersihan, keamanan, kenyamanan dan keindahan serta bagaimana menciptakan kenangan manis bagi pengunjung supaya ingin kembali lagi ke wisata tersebut.

"Di lokasi wisata tentunya ada kekurangan apalagi di wisata bahari. Kita akui untuk tempat bilas masih kurang. Ini menjadi catatan untuk segera dilakukan perbaikan fasilitas," tukasnya.

Lokasi wisata yang dikelola Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, dan penghasil PAD, ada 3 lokasi, yakni Museum Keraton, di Kecamatan Kota Sumenep, Pantai Lombang di Kecamatan Batang-batang dan Pantai Slopeng di Kecamatan Dasuk. ( Nita, Fer )