Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 10-12-2023
  • 656 Kali

Pemasok BBM Bersubsidi ke Kapal Gandha Nusantara 02 Berhasil Diungkap Petugas Polsek Sapeken

Media Center, Minggu ( 10/12 ) Pemasok BBM bersubsidi jenis solar ke Kapal Gandha Nusantara 02 yang dioperasionalkan PT RBN Surabaya, berhasil diungkap oleh petugas Polsek Sapeken, Polres Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Pengungkapan kasus dugaan tindak pidana penyalahgunaan niaga BBM bersubsidi itu dilakukan di dermaga baru Sapeken, Sabtu (09/12/2023) malam sekira pukul 20.00 WIB.

Pelaku berinisial HT umur 51 tahun pekerjaan swasta alamat Kampung Kota Desa Sapeken Kecamatan Sapeken Kabupaten Sumenep.

"Kejadian berawal pada Jum'at (08/12/2023) sekira pukul 16.00 WIB, petugas Polsek Sapeken mendapatkan informasi bahwa di dermaga baru Sapeken ada seseorang yang akan menyalahgunakan BBM bersubsidi jenis solar. Selanjutnya anggota Polsek Sapeken mendatangi dermaga baru sapeken," ujar Kapolres Sumenep melalui Kasi Humas AKP Widiarti.

Setibanya di dermaga baru Sapeken, kata Widiarti, petugas mendapati 670 liter BBM bersubsidi jenis solar dalam tiga drum plastik warna biru dan empat jerigen serta selang penyuplai solar bersubsidi ke dalam tanki mesin Kapal Gandha Nusantara 02 yang dioperasionalkan oleh PT. RBN Surabaya.

"Saat dilakukan konfirmasi, ternyata 670 liter BBM bersubsidi jenis solar tersebut disediakan oleh agen kapal Sapeken atas nama HT, selanjutnya petugas mengamankan barang bukti untuk dilakukan proses lebih lanjut," jelasnya.

Akibat perbuatannya, pelaku berinisial HT akan dijerat dengan Pasal 55 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2001 tentang  Minyak dan Gas Bumi. ( Nita, Fer )