Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 13-04-2015
  • 1976 Kali

Pemimpin Harus Berpikir Cerdas Dan Memiliki Ketegasan

News Room, Selasa ( 14/04 ) Sebagai seorang pemimpin harus berani melakukan sebuah kreasi, karena itu sebagai seorang pemimpin harus memiliki sebuah kecerdasan, sehingga mampu melaksanakan sebuah tanggung jawab atas kepemimpinnnya.

Hal tersebut diharapkan Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si pada acara pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Kepemipinan (Diklat-Pim) Tingkat IV Angkatan XLVII Tahun 2015 di Kabupaten Sumenep, Selasa (14/04), di Sanggar Kegiatan Daerah (SKD) Batuan Sumenep.

“Sebab, mungkin tidak semua orang yang kita pimpin bisa menyenangi kita, tentu tetap ada yang kontra, sehingga sebagai pemimpin harus berpikir cerdas dan ada ketegasan sesuai aturan,”ungkpnya.

Karena itu tegas Bupati, dalam bekerja sebagai aparatur pemerintah jangan samapai ada kepentigan lain yang salah, namun dalam bekerja harus mengedepankan kepentingan masyarakat. Serta tidak boleh berpikir monoton, karena tidak akan ada kemajuan tanpa sebuah perubahan. Untuk itu, pelayanan kalau bisa dipercepat tidak boleh diperlambat.

Diharapkan pula, harus memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat dan profesional. Khususya bagi para peserta Diklatpim IV yang merupakan aparatur yang diibaratkan dalam permainan sepak bola adalah anak gawang. Jadi harus mampu menempatkan bola sesuai yang diharapkan, karena kadang sebuah tendangan adakalanya bisa melenceng.

“Dan yang tidak kalah penting pula, seorang pemimpin juga harus mampu melihat dirinya sendiri, introspeksi diri dan memulai perubahan dari dirinya sendiri.”tandasnya.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Sumenep, R. Titik Suryati, SH, MH menjelaskan, tujuan dilaksanakannya Diklatpim IV membentuk kompetensi kepemimpinan bagi para Pejabat Eselon IV. Serta sebagai sarana dalam meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap dalam melaksanakan tugas sebagai aparatur pemerintah.

“Yakni, sesuai dengan jabatan secara profesional dan dilandasi kepribadian dan etika sesuai kebutuhan substansinya,”ungkapnya.

Diklatpim IV yang diikuti sebanyak 40 peserta yang merupakan Pejabat Eselon IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep, juga diharapkan mampu meningkatkan sumberdaya manusia yang memiliki sikap dan semangat pengabdian dalam mengayoni masyarakat, selama mengikuti Diklatpim peserta akan mengikuti Diklat dengan metode on campus dan in campus. ( Ren, Esha )