Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 11-09-2024
  • 165 Kali

Pemkab Sumenep Bantu Jaminan Perlindungan Sosial Abang Becak

Media Center, Rabu ( 11/09 ) Pemerintah Kabupaten Sumenep di bawah kepemimpinan Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo memiliki kepedulian yang sangat tinggi kepada masyarakat yang berprofesi sebagai pekerja rentan.

Salah satu bentuk kepeduliannya itu dengan memberikan perlindungan keselamatan kerja berupa bantuan kepesertaan BPJS ketenagakerjaan kepada abang becak.

“Semoga program BPJS Ketenagakerjaan berkenaan dengan keselamatan dan kesejahteraan tenaga kerja rentan, bermanfaat untuk memberikan jaminan sosial tenaga kerja,” kata Bupati di sela-sela silaturahim dengan abang becak, di Pendopo Agung Keraton, Rabu (11/09/2024).

Pemerintah daerah mengikutsertakan abang becak pada program BPJS ketenagakerjaan itu, sebagai wujud komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pada bidang jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Kami ingin memberikan perlindungan kepada masyarakat pekerja rentan, dalam rangka membantu kesejahteraan dan membangun ketahanan rumah tangga menghadapi kejadian tidak terduga,” terangnya.

Bupati pada acara itu juga menyerahkan santunan jaminan kematian kepada ahli waris Slamet Riyadi yang pekerjaannya sebagai abang becak dengan besaran bantuan Rp42.000.000,-. 

Di tempat yang sama, salah seorang abang becak Ahmadi, menyatakan, Bupati yang memprogram pekerja rentan sebagai peserta BPJS itu merupakan kebijakan baik  untuk membantu keselamatan dan kesejahteraannya.

Karena Santunan Jaminan Kematian mengurangi beban keluarganya, sehingga dana bantuannya bisa bermanfaat bagi ahli waris.

"Saya termasuk salah satu yang terdaftar sebagai peserta BPJS, tentunya senang, karena mampu membantu masyarakat dan keluarga, terima kasih Bupati," pungkasnya.

Sementara, sampai saat ini tercatat ada ribuan pekerja rentan yang ter-cover program BPJS Ketenagakerjaan, di antaranya nelayan sebanyak 1.780 orang, sebanyak 2.274 petani, 1.984 abang becak, tukang bangunan, ART dan tukang ojek. ( Yasik, Fer )