Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 04-05-2017
  • 466 Kali

Perguruan Tinggi Harus Sesuai Dengan Bakat Dan Kemampuan Diri

Media Center, Kamis ( 04/05 ) Lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) harus mempunyai prinsip untuk menentukan sikap dalam melanjutkan pendidikan selanjutnya.

Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si mengatakan, siswa yang telah menempuh pendidikan SMA harus mempunyai pilihan yang jelas untuk memilih lembaga pendidikan perguruan tinggi. Bahkan, dalam menentukan pendidikan di perguruan tinggi hendaknya tidak asal-asalan, seperti hanya mengikuti teman untuk melanjutkan kuliah di perguruan tinggi tertentu.

“Jangan cepat-cepat memilih perguruan tinggi, tapi harus benar-benar memilih yang sesuai dengan bakat dan kemampuannya, sehingga saat menempuh kuliah bisa mengembangkan kemampuan dirinya. Jangan sampai atas dorongan atau paksaan orang lain,”kata Bupati KH. A. Busyro Karim, saat memberikan sambutan pada acara perpisahan Siswa SMAN 1 Batuan, Kamis (04/05) di lembaga pendidikan tersebut.

Bupati menyatakan, selain itu jadilah pelajar yang memiliki karakter dan tangguh, supaya mampu menatap masa depan yang lebih baik. Sekaligus menjadi generasi muda yang kreatif dan inovatif, dan tidak mudah terbawa arus pergaulan yang bisa menjerumuskan kepada tindakan negatif, seperti menggunakan narkoba.

“Saya kemarin hadir di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Sumenep dan mendapat informasi dari Pimpinan Rutan, ternyata dari 220 warga binaan dan tahanan sekitar 40 persen kasusnya masalah narkoba. Saya berharap alummi SMA Negeri 1 Batuan jadilah generasi yang berkarakter, inovatif, kreatif dan tangguh, jangan mudah terbawa arus pergaulan narkoba, karena narkoba itu sangat berbahaya,”imbuhnya.

Sementara itu dalam kegiatan tersebut Bupati memberikan piagam dan penghargaan kepada sejumlah siswa berprestasi, diantaranya siswa berprestasi akademik IPA dan IPS, siswa berprestasi non akademik, dan siswa berprestasi pengabdian tertinggi. Sedangkan siswa SMAN 1 Batuan yang lulus pada tahun ini sebanyak 160 siswa, rinciannya siswa jurusan IPA sebanyak 89 anak, dan siswa jurusan IPS sebanyak 71 anak. ( Yasik, Esha )