Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 28-09-2024
  • 56 Kali

Peringati HUT ke-79 TNI, Kodim 0827/Sumenep Gelar Lomba PBB Tingkat Pelajar

Media Center, Sabtu (28/09) Kodim 0827/Sumenep menggelar kegiatan lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB) tingkat SMP, SMA dan SMK tingkat Kabupaten Sumenep dalam rangka memperingati HUT ke-79 TNI tahun 2024.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Makodim 0827/Sumenep, Sabtu (28/09/2024).

Dandim 0827/Sumenep yang diwakili Pasipers Kapten Inf Didik Prasetiyo mengatakan bahwa lomba PBB tersebut tidak hanya bertujuan untuk memeriahkan peringatan HUT TNI, namun juga sebagai sarana untuk membetuk karakter, menumbuhkan sikap disiplin, kekompakan, dan jiwa kepemimpinan di kalangan pelajar.

"Kami berharap melalui kegiatan ini, para peserta dapat menumbuhkan sikap kedisiplinan yang tinggi, serta menjadikan semangat kebersamaan sebagai landasan kuat untuk berkontribusi positif bagi bangsa dan negara," ujarnya.

Didik menerangkan, lomba PBB diikuti oleh 20 sekolah yang terdiri dari siswa-siswi tingkat SMA/SMK dan 20 sekolah tingkat SMP/MTS wilayah Kabupaten Sumenep.

Menurutnya, setiap tim menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam melaksanakan gerakan PBB dengan penuh kekompakan dan ketelitian.

Lomba PBB diselenggarakan dalam upaya menggugah kreativitas anak. Karena dalam lomba yang dinilai tidak hanya gerakan dan kekompakan saja, akan tetapi gerakan variasi juga ikut dinilai.

"Para dewan juri dari personel TNI yang memiliki keahlian khusus dalam bidang PBB, yang menilai berdasarkan kriteria seperti kerapian, kekompakan, ketepatan waktu dan ketegasan dalam setiap gerakan," terang Didik.

Didik juga berpesan siswa yang menjadi juara nanti agar tetap berlatih untuk persiapan tampil di tingkat Kodam V/Brawijaya dan wilayah Sumenep pada saat peringatan HUT TNI nanti pada 5 Oktober 2024.

Adapun pemenang lomba PBB tersebut untuk kategori SMA/SMK, juara 1 diraih oleh SMAN 1 Sumenep, juara 2 SMAN 2 Sumenep dan juara 3 diraih oleh SMAN 1 Kalianget.

Sementara, pemenang untuk tingkat SMP/MTs, juara 1 diraih oleh SMPN 2 Sumenep, juara 2 SMPN 1 Sumenep, dan juara 3 diraih oleh SMPN 1 Manding.

(Dim, Han)