Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 26-04-2015
  • 442 Kali

Peserta EJSC Tetap Semangat, Meksi Diguyur Hujan

News Room, Senin ( 27/08 ) Meskipun sempat diguyur hujan, kegiatan East Java Scouts Challenge (EJSC) 2015 Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Sumenep, yang digelar sejak tanggal 25 hingga 30 April mendatang, para peserta yang terdiri dari para Pramuka Penggalang Ramu tetap tegar mengikuti berbagai kegiatan lomba yang digelar panitia.

Ketua Panitia EJSC 2015 Kwarcab Sumenep, Moh. Hasik, S.Pd, M.Pd kepada News Room, Senin (27/04) mengungkapkan, para peserta EJSC di Sumenep ternyata memiliki semangat juang yang sangat tinggi untuk berprestasi, karena sejumlah lomba tetap diikuti, meskipun diguyur hujan.

Dijelaskan, kegiatan EJSC dimaksudkan untuk memperluas wawasan kebangsaan serta memperkuat persatuan dan kesatuan. Disamping itu juga untuk menanamkan kepekaan sosial, serta memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi anggota Pramuka.

“Kegiatan EJSC bertujuan untuk merealisasikan pendidikan karakter, kebangsaan dan keterampilan melalui Pramuka Penggalang Ramu yang berpangkalan di SD/MI secara menyeluruh, dengan penuh kreatifitas dalam suasana yang menyenangkan,”ujarnya.

Menurutnya, selama pelaksanaan EJSC yang sudah berlangsung selam 3 hari itu, para peserta sangat antusias mengikuti beberapa tantangan yang memang sudah di kemas sama di sejumlah Kwartir Cabang Gerakan Pramuka se Jawa Timur.

Dijelaskan, peserta EJSC dibagi dalam 2 group untuk group I sebanyak 1.610 peserta dengan 161 tenda dan sudah berlangsung dua hari lallu dan pesertanya terdiri dari Kwarran Kalianget, Kota, Manding, Batuan, Talango, dan dari Kwarran Arjasa. Sedangkan di group II diikuti dari Kwarran Saronggi, Lenteng, Pragaan, Ganding, Guluk-guluk, dan Kwarran Giligenting dengan jumlah peserta awal sebanyak 1.860 orang, dengan 186 tenda.

Sementara di group III akan diikuti dari Kwarran lainnya sebanyak 1.890 peserta, dan 189 tenda akan menyusul mulai tanggal 28 hingga 30 April, sehingga total peserta minimal sebanyak 5.320 peserta, dan 532 tenda. Dan masing-masing regu didammpingi seorang pembina pendamping.

“Mudah-mudahan yang meraih prestasi di Sumenep dan akan berlaga di Jawa Timur, serta mampu berprestasi, sehingga bisa pergi ke Amerika, karena juara EJSC Jatim 2015 ini nantinya akan dibawa berlibur ke Amerika,” tambahnya. ( Ren, Esha )