Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 02-02-2024
  • 350 Kali

Polres Sumenep Gelar Simulasi Pengamanan di TPS Masa Pungut dan Hitung Suara

Media Center, Jumat ( 02/02 ) Kepolisian Resort (Polres) Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar Simulasi Pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam rangka persiapan menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun ini.

Wakapolres Sumenep Kompol Trie Sis Biantoro, S.Pd., SIK., MH., menekankan pentingnya keamanan dan ketenangan dalam menyambut momen demokrasi ini. Pemilu adalah tonggak penting dalam perjalanan demokrasi.

"Mewujudkan pengamanan TPS menjadi fokus utama dalam persiapan Pemilu. Makanya dalam simulasi ini, para peserta dievaluasi untuk menghadapi berbagai kemungkinan yang mungkin terjadi di TPS," ujarnya, Jum'at (02/02/2024).

Bahkan, penanganan potensi konflik atau gangguan keamanan juga masuk dalam simulasi tersebut. 

"Kami berharap melalui simulasi ini, dapat mengidentifikasi kelemahan dan meningkatkan koordinasi antar instansi untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin,” tambahnya.

Wakapolres menjelaskan kolaborasi antara TNI, Polri, dan Linmas dalam memastikan keamanan TPS. 

"Ada 3.863 TPS di Kabupaten Sumenep yang akan dijaga oleh personel Linmas, dengan dukungan dari TNI dan Polri,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menegaskan pentingnya refresh bagi personel dan Linmas dalam menghadapi Pemilu mendatang.

"Kerja sama antar instansi dan profesionalisme dalam menjalankan tugas keamanan menjadi kunci menyongsong Pemilu yang aman dan lancar,” tutupnya.

Simulasi tersebut digelar di Polres Sumenep yang dihadiri Pejabat Utama Polres, Personel PAM TPS dan perwakilan Linmas setempat. ( Nita, Fer )