Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 24-05-2018
  • 1303 Kali

Prakiraan Tinggi Gelombang Dalam Sepekan Dan Ramalan Cuaca Besok

Media Center, Kamis ( 24/05 ) Dalam sepekan mendatang, secara umum ketinggian gelombang di Laut Jawa bagian Timur, Perairan Kepulauan Kangean, Perairan Kepulauan Masalembu, dan Perairan Pulau Bawean berkisar antara 1.5 hingga 2.0 meter. Sementara di Selat Madura berkisar antara 0.3 hingga 0.8 meter. Hal itu disampaikan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kalianget, Usman Kholid, melalui stafnya, H. Moh. Faqih, Kamis (24/05).

“Hal itu berdasarkan Grafik Prakiraan Tinggi Gelombang di Wilayah Perairan Jatim bagian utara. Berlaku mulai 23 hingga 30 Mei 2018,” kata Faqih, pada Media Center.

Sementara mengenai ramalan cuaca umum Jum'at (25/05) besok, diperkirakan hujan ringan hingga sedang berpotensi terjadi di Laut Jawa bagian timur, Perairan Kepulauan Masalembu, Perairan Pulau Bawean, Perairan utara Jatim dan Perairan Kepulauan Kangean.

Sedangkan kondisi angin menurut Faqih, arah angin dominan dari arah Timur-Tenggara. Dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur 24 knots (43 kilometer/jam), dan di Samudera Hindia selatan Jatim adalah 26 knots (48 kilometer/jam).

“Tinggi gelombang di Laut Jawa bagian timur berkisar 0.8 hingga 2.0 meter dan Samudera Hindia selatan Jatim antara 1.3 hingga 2.5 meter. Jadi tetap diharap waspada dan berhati-hati,” tutup Faqih. ( M. Farhan M, Esha )