Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 24-08-2023
  • 594 Kali

Puskesmas Pragaan Gelar Lokakarya Mini Lintas Sektor Triwulan Kedua 2023

Media Center, Kamis ( 24/08 ) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep menggelar Lokakarya Mini Lintas Sektor Triwulan kedua 2023, di Pendopo Kecamatan setempat.

Kepala Puskesmas Pragaan Baharudin Mutheri, S.Kep,Ns., dalam arahannya pada Mini Lokakarya tersebut memfokuskan pembahasan pada tiga atau empat hal, yaitu berkaitan dengan Program Puskesmas, seperti Gerakan Eliminasi Tuntaskan Tuberkulosis (TBC) dan tengkes atau stunting (GETTS), Penyakit Tidak Menular (PTM) dan Kesehatan Lingkungan.

Ia menyebutkan bahwa TBC adalah infeksi laten, karena kurangnya pengetahuan di masyarakat tentang TBC, sehingga mudah menyebar juga terkait keterbatasan logistik diperlukan tindak lanjut strategi komunikasi dan berbagai upaya lainnya.

"Targetnya kami akan melakukan deteksi dini TBC dan mengharapkan kerja sama dari Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka), Kepala Desa dan istri Kepala Desa serta unsur lainnya," ungkapnya saat acara berlangsung, Kamis (24/08/2023).

Mutheri juga memberi pengetahuan tentang Penyakit Tidak Menular (PTM) yang konon kabarnya menjadi pembunuh kelas utama, antara lain berkaitan dengan penyakit tekanan darah, gula darah, lipid darah, obesitas dan lain-lain.

Strategi yang kami gunakan disebutnya antara lain Pandu PTM di Poli PTM Puskesmas, juga akan menggencarkan kegiatan skrining PTM di desa.

"Skrining PTM sudah ada jadwalnya, untuk itu perlu perhatian semua pihak," tambahnya.

Sementara itu masalah mendasar yang akan dibahas dalam mini lokakarya tersebut juga berkaitan dengan Kesehatan lingkungan.

Kesehatan lingkungan faktor yang mempengaruhi derajat kesehatan, antara lain faktor perilaku, faktor lingkungan, fisik, kimia, biologi dan lainnya.

"Salah satunya masalah lingkungan yang akan kita bahas ini adalah pengarusutamaan pengelolaan sampah," pungkasnya. ( KIM-KMAP/Ismi,Fer )