Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 28-02-2018
  • 366 Kali

Ratusan Warga Kepulauan Tak Miliki Identitas Kependudukan

Media Center, Rabu ( 28/02 ) Sekitar 500-an warga di wilayah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, ditemukan tidak memiliki identitas kependudukan, sehingga dipastikan mereka tidak bisa mencoblos pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur.

Ratusan warga yang tanpa identitas kependudukan itu, tersebar di Kecamatan Masalembu sebanyak 100 orang di satu Desa, dan di Kecamatan Arjasa, total warga tanpa identitas mencapai 500 orang lebih.

"Temuan itu hasil Pencocokan dan Penelitian (Coklit) untuk pemutakhiran data Pilgub Jatim 2018. Sebagian besar berada di kepulauan. Sedangkan di daratan sangat sedikit," kata Komisioner KPU Sumenep, Rahbini, Rabu (28/02).

Ia menuturkan, jika ratusan warga itu tidak segera mengurus kartu kependudukan, maka mereka tidak akan masuk pada daftar pemilih pada Pilgub Jatim Juni 2018.

“Warga yang tidak memiliki identitas kependudukan itu harus segera mengurus ke Dispendukcap, sebab jika tetap tidak mengurus dipastikan tidak akan masuk pada daftar pemilih di Pilgub Jatim," tuturnya.

Rahbini memastikan jika sudah tidak masuk pada daftar pemilih, berarti akan kehilangan hak pilihnya pada Pilgub Jatim.

"Kami sudah mengingatkan warga tersebut agar secepatnya mengurus kartu kependudukan," pungkasnya. ( Nita, Esha )