Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 11-10-2024
  • 65 Kali

Resmi Dibuka, Ratusan Pendekar Berlaga di Kejuaraan Pencak Silat Pagar Nusa Bupati Cup 2024

Media Center, Jum'at (11/10) Kejuaraan Pencak Silat Pagar Nusa Bupati Cup 2024 resmi dibuka di GOR Indoor A. Yani Panglegur, Sumenep, pada Jumat (11/10/2024). 

Acara berlangsung selama tiga hari hingga Ahad (13/10/2024) dengan jumlah peserta sebanyak 150 pendekar dari berbagai kategori, mulai dari usia dini hingga dewasa.

Ketua Pimpinan Cabang (PC) Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Sumenep KH Abdul Muiz, dalam sambutannya menyampaikan bahwa berkhidmat di Nahdlatul Ulama merupakan kewajiban bagi setiap pendekar pagar nusa. 

“Tugas utama pendekar Pagar Nusa adalah membentengi ulama, serta mengembangkan diri dengan akhlakul karimah,” ujarnya.

Selain itu, Abdul Muiz juga menekankan pentingnya peran pendekar Pagar Nusa dalam membela bangsa dan negara. 

"Jika ada ancaman terhadap negara, para pendekar harus siap bahu membahu dengan komponen bangsa lainnya," tegasnya.

Ia juga menyampaikan kebanggaannya atas peningkatan kualitas dan kuantitas peserta setiap tahunnya. 

“Tahun ini, peserta mencapai 150 pendekar, terdiri dari 10 peserta usia dini, 35 pelajar, 50 remaja, 27 dewasa, dan 28 dari kategori seni. Kami berharap melalui ajang ini dapat muncul bibit-bibit berprestasi yang siap berkompetisi di tingkat lebih tinggi,” katanya.

Bagi yang menjadi juara umum, lanjut Muiz, akan dianugerahi Piala Bupati Sumenep. Abdul Muiz juga menekankan pentingnya menjaga persaudaraan dan kekompakan di antara sesama pendekar selama kejuaraan berlangsung.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Sumenep Moh. Iksan, yang hadir mewakili Bupati Sumenep, mengucapkan permohonan maaf karena Bupati sedang cuti. 

“Bupati menitipkan pesan selamat bertanding dan semoga kejuaraan ini berjalan lancar serta menghasilkan prestasi terbaik,” ujarnya.

(Han)