Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 02-10-2024
  • 58 Kali

SAKIP Award 2024, Pemkab Sumenep Raih Predikat BB

Media Center, Rabu ( 02/10 ) Pemerintah Kabupaten Sumenep mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) RI. 

Pemkab Sumenep menerima penghargaan, karena dinilai telah berprestasi dalam menerapkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2024, dengan predikat nilai BB.

Plt. Bupati Sumenep Dewi Khalifah mengatakan, pihaknya mensyukuri prestasi yang diraih ini, karena keberhasilannya merupakan hasil kerja keras serta komitmen semua pihak, sehingga kinerja pemerintah daerah terus meningkat dan lebih baik.

“Kami mengharapkan penghargaan ini mampu menjadi energi positif dan motivasi dalam memberikan pelayanan yang terbaik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Plt. Bupati Sumenep kepada Media Center di sela-sela menerima penghargaan, di Jakarta, Rabu (02/10/2024).

Seluruh perangkat daerah dengan keberhasilan ini untuk mengatasi kendala dalam menerapkan SAKIP, seperti tertib administrasi, pelaporan dan menjaga konsistensi dari proses perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, evaluasi kinerja agar tetap linier dan berdampak terhadap pembangunan di Kabupaten Sumenep.

“Seluruh perangkat daerah juga menyiapkan SDM yang terlibat dalam SAKIP harus mempunyai tim yang tangguh dan kompak, karena proses SAKIP tidak hanya membutuhkan proses singkat, sehingga nilainya bertambah setiap tahun,” terangnya.

Sekadar diketahui nilai SAKIP Kabupaten Sumenep pada 2024 naik 1,54 poin dari 2023 yang nilainya 68,61 dan 2024 menjadi 70,15. 

Penghargaan diserahkan langsung Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas kepada Plt. Bupati Sumenep, Dewi Khalifah di Jakarta 

Ia menyatakan, pihaknya berupaya mengoptimalkan perencanaan program dan kegiatan tepat sasaran dan tepat hasil, dalam rangka mewujudkan pencapaian sasaran pembangunan untuk membangun daerah di segala sektor lebih baik. 

“Kami bersyukur atas penghargaan SAKIP dan memberikan apresiasi kepada perangkat daerah beserta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah bekerja keras menyukseskan program pembangunan,” pungkas Plt. Bupati Dewi Khalifah. ( Yasik, Fer )