Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 23-05-2023
  • 600 Kali

Selain Legalitas Produk, Pelaku UMKM Harus Jaga Kualitas Produk

Media Center, Selasa ( 23/05 ) Para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) diharapkan terus mengembangkan hasil produksinya, sehingga tidak hanya dipasarkan di lokal Kabupaten Sumenep, namun mampu berkembang ke tingkat nasional bahkan internasional.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perindag Kabupaten Sumenep, Chainur Rasyid, memaparkan, jika produk-produk UMKM, seperti produk olahan makanan dan minuman saat ini sudah semakin pesat. Sehingga, persaingan juga semakin ketat. Hingga akhirnya pemilik produk terbaiklah yang akan dilirik pelanggan dan bisa merebut pasar.

"Di era informasi yang terus berkembang, tentunya pemasaran produk UMKM tidak hanya menjangkau konsumen yang ada di sekitarnya, namun bagaimana mengambil peluang agar semakin luas pemasarannya, seperti penjualan yang dilakukan secara online," ujar Chainur, Selasa (23/05/2023).

Karena itu, pihaknya mengajak para pelaku UMKM di Kabupaten ujung timur Madura ini, mengambil kesempatan dan peluang tersebut, dengan terus berusaha memperbaiki kualitas produknya dan yang tidak kalah pentingnya pula bagaimana usahanya memiliki izin dan legalitas agar produknya bisa diterima hingga di toko modern, seperti Indomaret, Alfamart dan sebagainya.

Diakui pula, jika Dinas Koperasi, Usaha Kecil Mikro (UKM), Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabupaten Sumenep, berupaya setiap tahun membantu memfasilitasi para UMKM untuk mendapatkan sosialisasi terkait perizinan dan legalitas usaha bagi pelaku UMKM, bahkan dalam pembuatan legalitas produknya juga gratis.

"Ini kesempatan yang baik bagi para pelaku UMKM di Kabupaten Sumenep, untuk dapat mengurus perizinan dan legalitas produk usaha yang selama ini belum memiliki legalitas," tandasnya.

Ditegaskan pula para UMKM harus memiliki produk terbaik dan tidak hanya ikut-ikutan menjual produk tanpa memperhatikan kualitas produknya. Termasuk kemasan produk sangat penting diperhatikan selain rasa pada produk makanan dan minuman. Kemudian komposisi, kadaluarsanya, penyimpanan seperti apa harus diperhatikan, dengan terus berusaha dan mencoba menghasilkan produk terbaik. ( Ren, Fer )