Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 02-03-2024
  • 809 Kali

SMKN 1 Sumenep Membuka Kelas Industri Axioo Class Tahun 2024

Media Center,Sabtu (02/03) Menjelang tahun ajaran baru, 2024/2025, SMKN 1 Sumenep akan membuka kelas Industri "Axioo Class"

Diketahui, bahwa sekolah yang terletak di Jalan Trunojoyo nomor 298 Patean Sumenep ini hanya memiliki 1 kelas industri, yakni Alfamart Class.

Namun untuk tahun 2024, pihaknya akan menambah kelas industri dan akan mulai menerima peserta didik baru tahun pelajaran 2024/2025 mendatang.

Menurut analis IT SMKN 1 Sumenep Taufik Rahman, kehadiran Axioo Class tersebut, bertujuan untuk menyiapkan peserta didik yang siap kerja,

Axioo Class ini dikonsep dengan cara kolaborasi bersama corporate social responsibility (CSR) PT. Tera Data Indonusa, pemegang merek Axioo, Memori Visipro dan produk IT lainnya.

"Kerjasama lainnya, yakni untuk sinkronisasi kurikulum, praktik kerja lapangan (PKL), magang industri setelah lulus, sampai pada prioritas rekruitmen pegawai di pabrik perakitan axioo," kata Taufik Rahman, Jum'at (01/03/2024).

Implementasi lainnya, yakni sinkronisasi kurikulum, juga tersedia juga ruang kelas standar industri, klinik komputer, axioo care dan smart factory.

"Setelah lulus, siswa kami akan difasilitasi OJT atau on the job training semacam magang di Axioo Assembly pusat, Jakarta," jelasnya.

Motivasi membuka Axioo Class Program (ACP) di SMKN 1 Sumenep, pihaknya mengaku ingin merubah suasana sekolah, layaknya industri.

"Jadi motivasi kami, melihat siswa lulusan SMK tidak memiliki kompetensi yang siap pakai oleh perusahaan, ingin membawa suasana industri ke sekolah, ingin membekali keteranpilan communication, collaborative, critical thinking dan creative," ungkapnya.

Kepala SMKN 1 Sumenep H. Zainul Sahari menjelaskan, kehadiran kelas industri di Sekolah yang ia pimpin merupakan langkah untuk menguatkan kualitas pendidikan di Sumenep.

Ia menilai, simbiosis mutualisme Dunia Usaha, Dunia Industri dan Dunia Kerja (Dudika) dengan SMKN 1 Sumenep memang berwujud industri, sehingga ada kesepahaman misi.

"Alhamdulillah kelas industri ini kami mulai tahun ajaran baru 2024, dan saat ini guru kami tengah menjalani pelatihan khusus sebagai fasilitator axioo class program nantinya," tuturnya.

(Gun, Han)