Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 20-03-2022
  • 644 Kali

SMP NU dan LAZISNU Sumenep Gelar Bedah Rumah Warga

Media Center, Ahad ( 20/03 ) SMP Nahdlatul Ulama (NU) bersama Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Sumenep menyelenggarakan Bakti Sosial di Desa Matanair Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep, Sabtu (19/03/2022). 

Berdasar informasi yang dirangkum Media Center, kegiatan tersebut merupakan bagian dari program Penguatan Profil Pelajar Pancasila, yang diamanatkan oleh Sekolah Penggerak dalam menjalankan Kurikulum Merdeka. 

Selain itu, juga merupakan kegiatan kolaboratif antar mata pelajaran yang mengusung tema Bhinneka Tunggal Ika, yang dikemas dalam kegiatan Bhakti Sosial Bedah Rumah milik keluarga Maniya di Desa Matanair.

Selain kolaboratif antar mata pelajaran, seperti yang disebut di muka, kegiatan juga berkolaborasi dengan LAZISNU Sumenep sebagai Partner Building. 

Abd. Hadi sebagai guru sekaligus koordinator kegiatan mengatakan, Bakti Sosial tersebut untuk melatih siswa dalam mengemas kegiatan positif yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar. "Tujuannya, memupuk siswa agar memiliki rasa tanggung jawab dan membiasakan bekerja sama dalam mewujudkan tujuan yang dibuat kolektif," tutur Hadi.

Senada, Kepala SMP NU Zainal Abidin mengharapkan melalui kegiatan tersebut, siswa dapat memahami nilai-nilai diri dan berkembang di masyarakat. Sehingga siswa tidak hanya mengejar nilai rapor yang berupa angka, tapi lebih kepada kemampuan atau ilmu yang dipelajari di sekolah dapat bermanfaat pada masyarakat dan lingkungannya.

"Karena sejatinya, ilmu bukan untuk mengalahkan orang lain, tapi sebagai alat mengukur diri untuk menjadi lebih baik dari waktu ke waktu," tambah Zainal.

Sementara Ketua LAZISNU Kabupaten Sumenep, Qusairi mengatakan, tujuan dasar dari bedah rumah tersebut sebagai wujud kepedulian NU kepada masyarakat lemah yang patut disantuni sehingga bisa hidup setara antar sesama manusia. 

"Kami menggandeng SMP NU agar mereka memiliki kesadaran dini bahwa kita sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan, serta menanamkan kesadaran untuk saling tolong menolong (atta'awun) sebagai nilai dasar perjuangan NU," jelasnya

Terpisah, Maniya selaku yang dibantu menyampaikan banyak terima kasih kepada SMP Nahdlatul Ulama Sumenep dan LAZISNU Sumenep atas bantuannya memperbaiki rumah. Ia mendoakan agar semua siswa sukses dan cita-citanya tercapai semua. Doa Maniyah diaminkan oleh semua siswa dan guru.

(Gunawan, Han)