Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 18-10-2023
  • 487 Kali

SMPI Nurul Bayan Kebunagung Laksanakan Kegiatan Outdoor Learning di Perpusda

Media Center, Rabu ( 18/10 ) SMPI Nurul Bayan Desa Kebunagung Kecamatan Kota Sumenep merupakan lembaga pendidikan yang melaksanakan pendidikan full day dengan penerapan pola pendekatan pesantren dalam pembiasaan harian, melaksanakan outdoor learning bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumenep, Rabu (18/10/2023).

Kepala SMPI Nurul Bayan, Yulia Dewi Nurhayati, kegiatan outdoor learning yang dikemas dalam bentuk pembelajaran kolaboratif lintas Mata Pelajaran (Mapel) dengan beberapa ragam agenda kegiatan, di antaranya observasi ragam budaya dan situs peninggalan budaya Kabupaten Sumenep.

"Dalam kegiatan tersebut siswa melakukan wawancara, diskusi kelompok, bedah literasi bertema budaya lokal dan ekplorasi ragam budaya Kabupaten Sumenep," ujarnya.

Dikatakan, kegiatan tersebut bertujuan mengenalkan ragam budaya dan kekayaan situs budaya Kabupaten Sumenep, mengkaji dan mengumpulkan data serta bukti ragam budaya dan situs yang ada di Kabupaten Sumenep, menanamkan nilai budaya lokal yang kontekstual dan membudayakan literasi.

"Kemudian untuk membumikan ekplorasi dan kecintaan terhadap budaya lokal serta menggali informasi, mengasah kemampuan literasi dan komunikasi siswa dalam bahasa Madura," tuturnya.

Sementara Pustakawan Ahli Muda Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumenep, Syaiful Bahri, mengungkapkan, selain memberikan pelayanan perpustakaan di Perpustakaan Daerah (Perpusda), kegiatan melalui Perpusling juga dilakukan untuk memberikan pelayanan bekerja sama dengan beberapa lembaga pendidikan mulai tingkat PAUD hingga perguruan tinggi.

"Hampir setiap hari Perpusda dan Perpusling melayani permohonan kerja sama dari lembaga pendidikan dan kali ini dengan SMPI Nurul Bayan," terangnya.

"Kami senantiasa memberikan pelayanan terbaik khususnya dalam memberikan buku-buku bacaan bagi siswa sesuai tingkatannya," tandasnya. ( Ren, Fer )