Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 07-09-2016
  • 282 Kali

Tahun Depan, Kecamatan Dungkek Alokasikan Dana JI

News Room, Kamis ( 08/09 ) Untuk mendukung pengelolaan Dana Desa (DD) berbasis Informasi Teknologi (IT), tahun depan semua Desa se Kecamatan Dungkek bakal mengalokasikan dana untuk pemasangan Jaringan Internet (JI). Hal itu diungkapkan Camat Dungkek, Wahyu Kurniawan Pribadi, pada Media Center. 

“Ini sejatinya merupakan hasil studi pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola Dana Desa Kemiren. Studi tersebut telah melahirkan komitmen baru, pada rencana realisasi Dana Desa 2017 nanti,”kata Wahyu. 

Awal Juni lalu, menurut Wahyu, pihak Kecamatan bersama Forpimka mengajak 15 Desa yang terdiri dari Kades, PKK, dan Bendahara Desa untuk belajar lebih banyak tentang pengelolaan Dana Desa berbasis IT. Unsur itu didampingi Asisten Pemerintahan Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep, Drs. Ec. H. Sustono, M.Si, MM. 

“Studinya ke Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Di sana itu bagus, pengelolaannya sudah online, kayak e-budgeting gitulah,”kata mantan Camat Masalembu ini. 

Pengelolaan BUMDes Desa Kemiren ditambahkan Wahyu, juga menginspirasi pengelolaan BUMDes, termasuk pontesi lokal Desa di Kecamatan Dungkek. “Disana itu PKK-nya juga bergerak, makanya tanggal 13 hingga 14 kemarin, kami mengundang Koperasi Bank Sampah dari Malang untuk berbagi bersama ibu-ibu PKK se Kecamatan Dungkek,”ujar Wahyu, sembari membeber prospek Desa Wisata, Taman Joko Tole Lapa Taman, dan Bukit Kalompek, Desa Dungkek. ( Farhan, Esha )