Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 24-03-2022
  • 774 Kali

Tim Penilai Kampung Pancasila dari Korem 084 Bhaskara Jaya Hadir di Desa Kebunagung

Media Center Kamis ( 24/03 ) Dandim 0827/Sumenep diwakili Kasdim Mayor Inf Achmad Djailani menyambut tim penilai dari Korem 084/Bhaskara Jaya yang dipimpin oleh Pasi Bhakti TNI Korem 084/Bhaskara Jaya Mayor Inf Budi Hermanto selaku Ketua Tim Penilai.

Kedatangan tim penilai juga disambut oleh Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Kota yang diselenggarakan di Desa Kebunagung Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, Kamis (24/03/2022).

Kasdim Mayor Inf Achmad Djailani dalam sambutannya mengungkapkan, pembentukan Kampung Pancasila ini bukan dari inisiatif kodim, jauh sebelum Kodim membentuk, masyarakat Kebunagung sudah membentuk.

"Harapan kami kerukunan umat beragama tetap selalu terbentuk dengan adanya Kampung Pancasila dan hari ini Desa Kebunagung berkompetisi di Kabupaten Sumenep, semoga dapat mewakili untuk tingkat Provinsi” ujarnya.

Dikatakan, tim dari Korem melakukan penilaian, mulai dari pengecekan pintu masuk, lokasi dalam kampung tersebut, inovasi-inovasi yang ditampilkan, serta kekompakan masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan yang ada.

Pada kesempatan itu, Tim Penilai Kampung Pancasila, Mayor Inf Budi Hermanto menyampaikan bahwa timnya ditugaskan keliling melakukan penilaian di Korem 084/Bhaskara Jaya yang merupakan perintah dari Kasad untuk seluruh jajaran tingkat Kodam, Korem, Kodim agar membentuk Kampung Pancasila.

“Kami sampaikan terima kasih kepada warga Kebunagung yang telah meluangkan waktu untuk penilaian ini, semoga memperoleh hasil yang maksimal,” tandasnya.

Ditambahkan, Kampung Pancasila ini merupakan salah satu program Kemendagri dalam membentuk kampung kerukunan umat agama. Sehingga dengan terbentuknya kampung tersebut bisa teraplikasi dalam kehidupan sehari-hari di Desa Kebunagung, hidup guyup, rukun dan sejahtera.

Lebih lanjut Ketua Tim Penilai Mayor Inf Budi Hermanto, menuturkan, dengan adanya lomba Kampung Pancasila, diharapkan bisa menjadi wadah bagi masyarakat untuk selalu menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.

“Semoga masyarakat khususnya generasi muda, menyadari bahwa pentingnya mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, sehingga dapat menumbuhkan rasa nasionalisme,” pungkasnya. ( Dim/Ren,Fer )