Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 09-03-2024
  • 551 Kali

Tingkatkan Ekonomi UMKM, Pemkab Sumenep Agendakan Bazar Takjil Ramadan

Media Center, Sabtu ( 09/03 ) Untuk meningkatkan perekonomian pelaku UMKM di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, pada bulan puasa 2024, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat, mengagendakan bazar takjil selama bulan Suci Ramadan 1445 Hijriah.

Kegiatan yang dimotori Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Sumenep, akan dilaksanakan mulai hari pertama hingga hari terakhir bulan puasa.

"Kami (Pemkab Sumenep, Red) sudah menjadwalkan selama bulan Ramadan, akan menggelar bazar takjil, yang melibatkan para pelaku UMKM," ujar Muhammad Ikhsan Kepala Disbudporapar Kabupaten Sumenep.

Bazar takjil ini, kata Iksan, selain memberdayakan ekonomi masyarakat utamanya pelaku UMKM, juga untuk mempermudah masyarakat menyiapkan menu buka puasa.

"Harapan kami ekonomi masyarakat Sumenep tetap bergerak meskipun di bulan puasa. Bazar takjil ini tidak hanya memberi ruang bagi pelaku UMKM, melainkan juga memudahkan umat muslim mencari menu berbuka puasa," tuturnya.

Iksan mengungkapkan, sesuai rencana lokasi bazar takjil itu akan ditempatkan di area Taman Potre Koneng (Taman Bunga).

"Untuk tempat kami akan menempatkan para pedagang takjil di area Taman Potre Koneng. Mulai dari depan Kodim, sisi timur Taman Potre Koneng, serta tempat-tempat strategis lainnya," ungkapnya.

Sementara bagi para pelaku UMKM yang akan ikut berpartisipasi dalam bazar takjil tersebut, diminta mendaftar ke Disbudporapar Kabupaten Sumenep.

Karena para pelaku usaha yang sudah mendaftar, akan disiapkan lapak oleh pemerintah. Sehingga para pelaku usaha nantinya akan berjejer rapi serta tidak akan mengganggu jalan pembeli.

"Tempat dan lapak kami yang menyiapkan, dengan catatan para pedagang harus mendaftar terlebih dahulu," pungkasnya.

Untuk diketahui, bazar takjil Ramadan merupakan agenda kalender event 2024, yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep. ( Nita, Fer )