Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 10-05-2023
  • 614 Kali

TMMD Momentun Bangun Kebersamaan dan Gotong Royong

Media Center, Rabu ( 10/05 ) Pelaksanaan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kabupaten Sumenep, memberikan semangat kebersamaan dan gotong royong di tengah-tengah masyarakat.

“Semangat ini hendaknya terus dipupuk dan ditumbuhkembangkan dalam kehidupan masyarakat sebagai identitas khas masyarakat Indonesia,” kata Wakil Bupati Sumenep Hj. Dewi Khalifah pada Pembukaan TMMD ke-116 di Kabupaten Sumenep, di Lapangan Kecamatan Saronggi, Rabu (10/05/2023).

Karena itulah, TNI selama pelaksanaan TMMD tidak hanya membangun kebutuhan fisik ataupun non fisik semata, namun ada penyuluhan, pembinaan dan pemberdayaan berdampak kepada pembentukan karakter masyarakat agar memupuk dan menumbuhkan kebersamaan dan gotong royong.

“Sejatinya, banyak nilai positif dari hasil pelaksanaan TMMD ini, untuk membangun semangat kebersamaan, gotong royong dan saling membantu terhadap masyarakat,” terangnya.

Pada sisi lain, Wakil Bupati mengungkapkan, program TMMD memberikan dampak terhadap akselerasi pembangunan di daerah, mengingat kegiatannya menyesuaikan kebutuhan masyarakat, sehingga hasilnya tepat sasaran dan bermanfaat.

“Yang jelas, TMMD hadir di Kabupaten Sumenep berdampak luas dalam rangka mempercepat pembangunan di daerah demi tercapainya kesejahteraan rakyat, karena programnya baik fisik maupun non fisik yang dilaksanakan merupakan kebutuhan nyata,” jelasnya.

Di tempat yang sama Komandan Korem 084/Brawijaya, Brigjen TNI Herman Hidayat Eko Atmojo mengungkapkan, pelaksanaan TMMD untuk membantu pemerintah daerah di segala bidang baik pembangunan fisik dan non fisik.

Untuk itulah, setiap kegiatan TMMD tidak hanya dilakukan oleh TNI saja, tetapi juga melibatkan masyarakat secara langsung, harapannya membangun karakter kebersamaan masyarakat,” imbuhnya.

“Kegiatan TMMD baik fisik dan non fisik seperti penyuluhan, pembinaan dan pemberdayaan pasti melibatkan masyarakat. Jadi sejatinya pelaksanaan TMMD ini, untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat,” imbuhnya.

Pada acara itu, Wakil Bupati menyerahkan alat kerja kepada penerima dan juga dilakukan penandatanganan, sekaligus penyerahan berita acara serah terima program TMMD ke-116 2023, oleh Komandan Kodim 0827/Sumenep dengan Kepala Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) setempat.

Pelaksanaan program TMMD ke-116 Kabupaten Sumenep 2023 di Kecamatan Saronggi yakni Desa Saroka dan Desa Tanjung. 

Sementara Kepala Staf Korem (Kasrem) 084 Bhaskara Jaya Kolonel Inf Budhi Utomo mengungkapkan, pihaknya untuk menentukan kegiatan TMMD melalui sistem bottom up planning, sehingga pada tahun ini sesuai kebutuhan masyarakat dilakukan di Desa Saroka dan Desa Tanjung Kecamatan Saronggi. 

“Semoga, program TMMD 2023 di Kabupaten Sumenep bermanfaat, untuk membantu meningkatkan kesejahteraan dan kerukunan masyarakat,” ungkapnya.

Di tempat yang sama Komandan Distrik Militer (Dandim) 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi menambahkan, kegiatan TMMD ke-116 bentuk kegiatannya adalah fisik dan non fisik, yakni sasaran fisik di antaranya membuat jalan paving, pengaspalan jalan, pembangunan MWK dan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

“Paving sebanyak 3 titik, pengaspalan sebanyak 2 titik, Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 5 titik dan pembangunan MWK satu masjid. Sedangkan non fisik di antarnya tentang narkoba, pertanian budidaya jagung, dan bela negara,” pungkasnya. ( Yasik, Fer )