Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 22-05-2024
  • 239 Kali

Tuntaskan Kasus Tengkes, KPM Se-Kecamatan Pragaan Ikuti Bimtek e-HDW

Media Center, Rabu ( 22/05 ) Seluruh Kader Pembangunan Manusia (KPM) se- Kecamatan Pragaan mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) penggunaan aplikasi Electronic Human Development Worker (e-HDW), di Pendopo Kecamatan setempat.

E-HDW adalah aplikasi atau tools pendataan, pengumpulan, pemantauan, pencatatan dan pelaporan pada sasaran rumah tangga dalam pencegahan tengkes (stunting) di desa.

Camat Pragaan yang diwakili Sekretaris Kecamatan Pragaan Ahmad Fikri saat membuka Bimtek Elektronik Human Development Worker (e-HDW), berharap agar peserta KPM dari masing-masing desa mengikuti Bimtek ini dengan baik.

"Ikuti dengan seksama Bimtek ini, agar nantinya bisa meningkatkan kemampuan (SDM) dalam mengoperasikan aplikasi e-HDW dan menyajikan data yang dibutuhkan melalui elektronik, karena sekarang sudah era digital," ungkapnya, Rabu (22/05/2024).

Ia menambahkan, KPM perlu mengikuti Bimtek ini, agar data yang dihasilkan nanti bisa lebih optimal.

“KPM sebelumnya masih mengerjakan tugas tengkes secara manual. Untuk itu, diharapkan setelah mengikuti Bimtek ini sudah disajikan secara digital,” imbuhnya.

Fikri memaparkan, tujuan konkrit setelah memahami aplikasi e-HDW agar kelompok yang menjadi sasaran pendataan baik remaja belum menikah, saat menikah, setelah menikah, mengandung, saat melahirkan, dan balita yang dilahirkan bisa disajikan dalam bentuk digital sehingga mengurangi tengkes di suatu desa.

"Kalau didata secara baik, nanti akan ketemu siapa yang tengkes, apa penyebabnya, apa karena kawin terlalu muda atau karena kekurangan gizi,” pungkasnya. ( KIM-Pragaan/Ismi,Fer )