Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 14-09-2023
  • 1274 Kali

Wujudkan Digital School, K3S Sumenep Gelar Workshop Perpustakaan Digital

Media Center, Kamis ( 14/09 ) Di era digital  untuk mengembangkan minat baca, serta literasi dalam meningkatkan kecerdasan pendidik dan tenaga didik perlu transformasi perpustakaan ke arah digitalisasi. 

“Teknologi dan Informasi telah menjadi bagian tidak terpisahkan di kehidupan saat ini, sehingga pengembangan perpustakaan bertujuan untuk mengembangkan minat dan gemar membaca,” kata Kepala Bidang (Kabid) Dikdas Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep Ardiansyah Ali Sochibi, saat membuka Workshop Perpustakaan Digital pada Sekolah Penggerak, di HK Resto, Kamis (14/09/2023).

Perpustakaan digital membuka akses yang luas terhadap informasi sebagai sumber belajar yang berefek kepada kegiatan pembelajaran lebih efektif, karena itulah, sekolah penggerak mampu mengimplementasi perpustakaan ini. 

“Sekolah Penggerak bisa menjadi contoh, bahkan mampu menggerakkan sekolah lain agar selalu update dan upgrade skillset, toolset untuk mewujudkan sekolah sesuai tuntutan zaman,” terang Ardiansyah Ali Sochibi.

Pelaksanaan Workshop Perpustakaan Digital untuk Sekolah Penggerak diadakan oleh Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kabupaten Sumenep, bekerja sama dengan PT Erlangga. 

Pihaknya mengharapkan, sekolah penggerak melakukan evaluasi berkala terhadap penerapan perpustakaan digital, untuk mengetahui perkembangannya, bahkan Dinas Pendidikan merencanakan dua bulan lagi, mem-follow up progress perpustakaan digitalnya. 

“Selain itu, Dinas Pendidikan juga siap memfasilitasi Lapor BOS dalam bentuk digitalisasi yang pengembangannya melalui website yang bisa diakses sekolah secara langsung,” pungkas Ardi Ali Sochilin.

Sementara itu, peserta workshop perpustakaan digital untuk sekolah penggerak diikuti sebanyak 26 Kepala Sekolah Penggerak dan sebanyak 26 OPS jenjang Sekolah Dasar, dengan narasumber berasal dari Tim PT Erlangga.  ( Yasik, Fer )