Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 17-04-2023
  • 342 Kali

Zakat Fitrah ASN Membantu Masyarakat Kurang Mampu

Media Center, Senin ( 17/04 ) Pengumpulan zakat fitrah yang dilakukan Aparatur Sipil Negara (ASN), di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep bermanfaat untuk mendorong pemerintah dalam menanggulangi masalah kemiskinan.

“Saya berharap potensi zakat fitrah terus dioptimalkan, karena sangat efektif untuk membantu masyarakat kurang mampu,” kata Wakil Bupati Sumenep Hj. Dewi Khalifah di sela-sela penyaluran zakat fitrah secara simbolis melalui lembaga penyalur 2023, di Masjid Jamik, Senin (17/04/2023). 

Selain itu, penyaluran zakat juga menguatkan rasa solidaritas, kepekaan sosial dan kesalehan sosial untuk senantiasa membantu sesama, sehingga diharapkan pihak terkait dan penyalur benar-benar memberikannya kepada masyarakat yang berhak menerima.

“Zakat ini sangat efektif mendorong pemerintah daerah dalam mengurangi angka kemiskinan di daerah, sehingga para ASN untuk meningkatkan zakat, infak dan sedekah guna membantu sesama,” terang Wabup.

Wakil Bupati Dewi Khalifah bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Edi Rasiyadi secara simbolis, menyerahkan zakat fitrah ASN kepada lembaga penyalur untuk disampaikan kepada masyarakat.

“Kami menyampaikan terima kasih atas keikhlasan para ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep, yang telah menyisihkan hartanya untuk berbagi kebahagiaan dengan masyarakat yang membutuhkan,” jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Sumenep Ahmad Zulkarnain, mengungkapkan, hasil pengumpulan zakat fitrah ASN di Kabupaten Sumenep berupa uang tunai sebesar seratus dua puluh tujuh juta dua ratus tujuh puluh tujuh ribu atau 3.253 paket beras, sedangkan dalam bentuk beras sebanyak 308 paket.  

“Alhamdulillah, hasil pengumpulan zakat fitra yang diperoleh dari OPD 2023 ini ada  peningkatan dibandingkan hasil pengumpulan 2022,” tuturnya.

Hasil pengumpulan zakat fitra ASN dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep disalurkan melalui lembaga penyalur yang mencapai puluhan lembaga untuk membantu menyalurkan kepada masyarakat.

“Jumlah penyalur zakat Fitra ASN ini yang mengajukan permohonan secara tertulis ke Dinsos P3A sebanyak 78 lembaga,” pungkas Ahmad Zulkarnain. ( Yasik, Fer )