Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 15-01-2018
  • 658 Kali

Agar Produksi Pertanian Meningkat Petani Perlu Ilmu Pengetahuan

Media Center, Senin ( 15/08 ) Para petani perlu diberi kemampuan dalam melakukan penanaman, budidaya dan pemeliharaan tanaman. Sebab, selama ini pengetahuan petani dalam bercocok tanam utamanya tanaman padi relatif minim.

Danramil 0827/13 Rubaru, Kapten Inf. Imam Fitri Harto, Kepada Wartawan, Senin (15/01) mengakui, untuk memberikan pengetahuan bercocok tanam kepada para petani tidak hanya menjadi tanggung jawab dinas terkait, namun juga menjadi tanggung jawab TNI-AD khususnya Babinsa yang juga terlibat dalam program Upaya Khusus (Upsus) Swasembada Pangan.

“Selama ini Babinsa juga terus melakukan pengawasan mulai pendistribusian benih, pupuk bersubsidi dan yang lainnya adalah demi percepatan produktifitas padi, jagung, dan kedelai (Pajale) terutama padi.” ungkapnya.

Diakui, meskipun bertanam padi bagi petani merupakan kegiatan turun-temurun yang sudah dilakukan sejak nenek moyang, tetapi dengan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan, petani seharusnya bisa menerapkan sistem tanam yang lebih efisien dan produktif, sehingga kebutuhan pangan akan tercukupi dari produksi dalam negeri dan kesejahteraan petani akan semakin meningkat.

Diharapkan pula, keberhasilan para petani dalam mengelola lahan pertaniannya tentunya sesuai dengan yang diharapkan pemerintah untuk menuju program ketahanan pangan Nasional yang maksimal.

“Sehingga, nantinya negara kita tidak mengimpor dari luar negeri khususnya beras sebagai bahan pokok makanan kita sehari-hari.” tandasnya. ( Ren, Fer )