Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 15-10-2018
  • 347 Kali

Bupati Tekankan, Penyelenggaraan Pemilu 2019 Harus Sukses

Media Center, Senin ( 15/10 ) Pemerintah Kabupaten Sumenep meminta penyelenggara Pemilu bekerja secara profesional dan netral dalam melaksanakan tugas, dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan dan menghasilkan pemimpin yang berkualitas.

“KPU, PPK dana PPS harus membangun koordinasi, agar penyelenggaraannya berjalan lancar, sebab tidak bisa bekerja sendiri dalam menyukseskannya. Karena itu, harus bersinerji dengan para Camat dan Forkopimka di masing-masing wilayahnya,” kata Bupati pada Rapat Koordinasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam rangka persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Hotel Utami, Senin (15/10).

Bupati menyampaikan, penyelenggara Pemilu di Kabupaten Sumenep wajib menjaga perilaku sesuai dengan kode etik yang diamanatkan peraturan, sehingga masyarakat percaya kepada penyelenggara Pemilu dan meminimalisir kesalahan saat Pemilu.

“Sekarang pengawasan sudah sangat ketat, bukan hanya oleh Bawaslu saja, melainkan juga oleh masyarakat yang ikut memantau dan mengawasi pelaksanaan Pemilu. Bahkan, kejadian Pemilu ulang di daerah lainnya, supaya menjadi perhatian bersama, agar penyelenggara Pemilu di Kabupaten Sumenep benar-benar melaksanakan tugas secara profesional,” tutur suami Nurfitriana ini.

Ia mengungkapkan, penyelenggaraan Pemilu sukses juga harus didukung tingkat partisipasi masyarakat yang tinggi, dengan mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menyalurkan aspirasi politiknya memilih pemimpin. Apabila angka kehadiran masyarakat sangat tinggi, membuktikan bahwa kinerja penyelenggara Pemilu sukses dalam memobilisasi masyarakat untuk menyalurkan suaranya.

“Pemilu di Kabupaten Sumenep, jika berkaca kepada partisipasi pemilih pada Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2014, yakni hanya 78,14 persen, dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden lebih rendah lagi, yakni 65 persen. Yang jelas, kami berharap suksesnya penyelenggaraan Pemilu di Kabupaten Sumenep 2019 harus tanpa ada gejolak, bahkan harus berjalan damai serta harmonis,” pungkasnya. ( Yasik, Esha )