Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 25-06-2020
  • 436 Kali

Chosnol Chotimah: TP-PKK Prioritaskan Program Peningkatan Kualitas SDM

Media Center, Kamis ( 25/06 ) Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Sumenep menekankan jajarannya di Desa dan Kecamatan untuk memprioritaskan program dan kegiatan yang mendukung peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) masyarakat.

Wakil Ketua II TP-PKK Kabupaten Sumenep, Dra. Chosnol Chotimah mengatakan, PKK dalam mendukung upaya pemerintah dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), merupakan salah satu garda terdepan untuk mewujudkan cita-cita pembangunan itu.

“Pembangunan IPM adalah kebutuhan yang sangat mendesak dan penting, sehingga PKK harus menunjukkan eksistensinya untuk membantu pemerintah mewujudkannya,” tegasnya di acara Halal Bihalal melalui Zoom Meeting dengan PKK Kecamatan wilayah daratan, di Pendopo Agung Keraton Sumenep, Kamis (25/06/2020).

Alasan TP-PKK memprioritaskan program peningkatan IPM, karena IPM Kabupaten Sumenep masih rendah jika dibandingkan dengan 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur, meskipun ada peningkatan pada tahun 2019 sebesar 66,22 dan tahun 2018 sebesar 65,25.

“Tetapi meningkatkan IPM Kabupaten Sumenep di tahun 2019 masih di bawah daerah lainnya, karena Kabupaten Sumenep berada di nomor 32 dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur,” imbuh Chosnol Chotimah.

Chosnol Chotimah mengungkapkan, dari sekian komponen indikator pendukung IPM yang perlu mendapatkan perhatian khusus adalah rata-rata lama sekolah, karena masih berkisar pada angka 5,46 tahun.

“Jadi program peningkatan IPM ini selaras dengan lima prioritas pembangunan Kabupaten Sumenep tahun 2020, yakni salah satunya sejalan dengan tugas TP-PKK untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang cerdas, sehat, terampil serta mandiri,” tandasnya.

TP-PKK Kabupaten Sumenep pada acara Halal Bihalal melalui zoom meeting dengan TP-PKK Kecamatan wilayah daratan, juga membahas konsolidasi dan sharing program kerjanya.

“Meskipun pertemuan dengan cara virtual di tengah wabah virus Corona atau Covid-19, tetapi kegiatan konsolidasi dan sharing program penting dilakukan, dalam rangka penyusunan program kegiatan agar ada kesamaan gerak dan tujuan, sehingga masyarakat merasakan out put-nya secara keseluruhan,” pungkas Chosnol Chotimah yang juga istri Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep, Ir. Edy Rasiyadi, M.Si ini. ( Yasik, Fer )