Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 30-10-2016
  • 548 Kali

Festival Musik Tong-Tong Se-Madura Semarakkan Hari Jadi Ke-747

News Room, Sabtu ( 29/10 ) Festival Musik Tong-Tong se-Madura 2016 dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Ke-747 Kabupaten Sumenep, yang digelar Forum Komunikasi Putera-Puteri Purnawirawan dan Putera-Puteri TNI-Polri (FKPPI) Cabang 1327 Sumenep bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Sumenep, dibuka secara resmi oleh Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si, pada Jumat malam (28/10) di depan GOR A. Yani Panglegur Sumenep.

Bupati Sumenep dalam sambutannya mengungkapkan, bahwa Festival Musik Tong-Tong sudah menjadi fenomena menarik dalam sejarah sejak abad 14 Masehi. Meskipun diakui saat ini alat dan fungsi musik tong-tong telah berubah dan berbeda. Dan tidak hanya sekedar menjadi pelengkap dunia musik, namun telah menjadi fungsi sebagai power musik lokal di Madura.

“Karena itu Festival Musik Tong-Tong harus terus diupaya dengan maksimalkan, tentunya dengan dukungan APBD, sebagai bagian dari eksistensi dan kemajuan dari berbagai sisi.” ungkapnya.

Bahkan, Bupati Sumenep ini mengakui, jika dilihat dan dicermati bersama, pada musik tong-tong ada nilai luhur Madura, yang mengajarkan kebersamaan. Meskipun memiliki tugas dan fungsi berbeda, namun mampu melahirkan kesatuan bunyi yang indah.

“Dan yang perlu disyukuri, karena semakin lama, musik tong-tong semakin mendapat tempat di hati masyarakat, terbukti setiap ada kegiatan musik tong-tong selalu ramai masyarakat yang ingin melihat.” tambahnya.

Sementara Kepala Disbudparpora Kabupaten Sumenep, Sufiyanto, SE, M.Si, memaparkan, tujuan digelarnya lomba musik tong-tong tersebut untuk memberikan ruang kepada para seniman musik tong-tong di Madura, dalam mengembangkan bakat, minat serta kreatifitas melalui penampilan dan ekpresi yang dimilikinya. Serta menjadikan musik tong-tong sebagai bagian seni budaya tradisional Madura.

“Selain untuk mendukung suksesnya Hari Jadi Kabupaten Sumenep Ke-747, lomba musik tong-tong ini menjadi paket wisata untuk mendorong peningkatan kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara ke Madura khususnya Kabupaten Sumenep.” tandasnya.

Dijelaskan pula Ketua FKPPI Cabang Sumenep, Drs. H. Moh. Farid, M.Si, dalam Festival Musik Tong-Tong kali ini diikuti peserta sebanyak 19 group dari Kabupaten Sumenep, Pamekasan dan Kabupaten Sampang. Sedangkan Kejuaraan dipilih 10 penyaji terbaik non ranking, 10 dekorasi terbaik non ranking dan 5 aransemen terbaik non ranking.

Hadir dalam pembukaan Festival Musik Tong-Tong tersebut, Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si, Wakil Bupati Sumenep, Ach. Fauzi, Sekda Kabupaten Sumenep, Drs. Hadi Soetarto, M.Si serta para pejabat Forpimda Kabupaten Sumenep dan Kepala SKPD, BUMN dan BUMD. ( Ren, Fer )