Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 16-10-2020
  • 643 Kali

Kampung Tangguh Narkoba, Pemdes Aeng Panas Lakukan Tes Urine

Media Center, Jum’at ( 16/10 ) Dalam rangka penerapan Desa Anti Narkoba, Pemerintahan Desa (Pemdes) Aeng Panas melakukan tes urine guna menciptakan “Kampung Tangguh Narkoba” di Balai Desa setempat.

Adapun pihak yang diharuskan melakukan tes urine tersebut yakni, aparat dan pemuda Desa Aeng Panas.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya memastikan bahwa aparatur dan pemuda Desa Aeng Panas tidak menggunakan narkoba,” kata Kepala Desa (Kades) Aeng Panas, Mohammad Romli, SE di sela-sela kegiatan berlangsung, Kamis (15/10/2020) kemarin.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Prenduan, Iptu Supriadi, SH mengungkapkan, Kampung Tangguh Narkoba ini bertujuan untuk mengantisipasi dan memberantas pengguna narkoba yang ada di wilayah Kecamatan Pragaan melalui tingkat desa.

“Kampung Tangguh Narkoba ini merupakan salah satu upaya untuk mencegah pengguna narkoba, sehingga tercipta desa yang aman dari pengguna obat terlarang yaitu Narkoba,” terangnya.

Ia menjelaskan, dengan adanya tes urine dapat mendeteksi sejak dini terhadap masyarakat yang terlibat dalam penyalahgunaan barang haram tersebut.

“Kita berharap mudah-mudahan tidak ada satupun masyarakat maupun aparatur desa yang menggunakan narkoba, khususnya di Desa Aeng Panas dan Kecamatan Pragaan pada umumnya,” imbuhnya.

Camat Pragaan, Darussalam dalam sambutannya mewanti-wanti kepada seluruh elemen pemerintah khususnya aparatur dan pemuda Desa Aeng Panas untuk ikut andil dalam memberantas penyalahgunaan narkoba di wilayah setempat.

Sementara itu, Admin Akper (Bendes), Royyan Hidayat mengatakan, pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan tes kemih (kencing), dan dari pemeriksaan yang telah dilakukan tersebut tidak ditemukan adanya kandungan zat yang dilarang oleh semua unsur.

“Setelah kami melakukan pemeriksaan, tidak ditemukannya zat mengandung narkotika, hanya obat-obatan,” jelasnya. ( KIM-KMAP/Ismi, Fer )