Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 08-01-2019
  • 495 Kali

Masyarakat Peduli Lingkungan, Harapkan Terminal Bebas Sampah

Media Center, Selasa ( 08/01 ) Aktivis peduli lingkungan yang tergabung dalam Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Kelautan di Kabupaten Sumenep sepakat untuk membantu masyarakat dan pemerintah, khususnya dalam melakukan pengawasan terhadap persoalan lingkungan di wilayah kelautan Sumenep.

Seperti halnya yang dilakukan Pokmaswas Lestari Kecamatan Kalianget, yang aktif memberikan masukan kepada lembaga terkait, utamanya berkenaan dengan persoalan lingkungan yang ada di wilayahnya.

Ketua Pokmaswas Kabupaten Sumenep, Sarkawi mengungkapkan, pihaknya bersama masyarakat sudah beberapa tahun terakhir memberikan masukan kepada lembaga terkait, seperti Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sumenep berkaitan dengan persoalan sampah di pinggir pantai terminal Kalianget.

“Persoalan sampah di terminal Kalianget sudah cukup lama menjadi persoalan, namun hingga saat ini belum ada solusi untuk pembuangan berkelanjutan,” ungkapnya.

Menurut Sarkawi, pihaknya sudah 2 kali menyampaikan laporan perihal keluhan masyarakat, pemilik warung terminal, serta pengunjung yang seringkali datang berziarah ke Asta Yusuf Talango, karena kondisi pembuangan sampah yang menyengat hidung.

Untuk saat ini diakui Sarkawi, sudah bersih, karena kemarin sudah dilakukan pembersihan dan pengangkutan sampah hasil koordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Dinas Lingkungan Hidup. Namun, Sarkawi berharap, itu bisa dilakukan seterusnya, sehingga tidak terjadi penimbunan sampah kembali di area bibir pantai tersebut.

“Kami berharap ada solusi untuk berikutnya, ada koordinasi dari Dinas Perhubungan dan Dinas Lingkungan Hidup agar persoalan sampah tersebut bisa diatasi,” tandasnya. ( Ren, Esha )