fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
image

Mendapat Asimilasi Pencegahan Covid-19, Rutan Sumenep Pulangkan 25 Napi

  • 2020-04-02
  • infokom
  • 446 Kali

Media Center, Kamis ( 02/03 ) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Sumenep, Madura, Jawa Timur, memulangkan sebanyak 25 narapidana (napi) yang mendapat asimilasi dan integrasi. Hal ini seiring kebijakan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI terkait pencegahan corona virus disease tahun 2019 (Covid-19).

Sebelum dibawa ke Balai Pemasyarakatan Kelas II Pamekasan, 25 napi yang mendapat asimilasi dan integrasi itu dilakukan sterilisasi penyemprotan disinfektan. Tujuannya, untuk mencegah penularan covid-19.

Kepala Rutan Kelas IIB Sumenep, Agus Salim mengatakan, napi yang mendapat asimilasi, ialah narapidana yang sudah menjalani masa tahanan 2/3 dari vonis pengadilan, dan asimilasi ini juga diberikan pada anak yang sudah menjalani masa tahanan separuh dari vonis pengadilan.

"Selain kategori itu, yang mendapat asimilasi dan integrasi adalah tahanan yang tidak pernah membuat masalah selama masa tahanan. Mereka selalu ikut aturan yang ada selama mendekam di penjara," tuturnya, Kamis (02/04/2020).

Sebelum bebas pulang ke rumahnya, tahanan itu lebih dulu dibawa ke Balai Pemasyarakatan Kelas II Pamekasan. Rata-rata, yang mendapat asimilasi dan integrasi tersebut adalah napi narkoba dan kriminal.

"Jadi rata-rata mereka adalah terpidana kasus narkoba dan kriminal, yang sudah menjalani masa hukuman lebih dari dua per tiga vonis pengadilan," ungkapnya.

Lebih lanjut, Agus menjelaskan, mereka yang bebas itu, menjalani sisa tahanan di rumahnya dengan dilakukan pemantauan pihak kejaksaan. Untuk itu, ia mengimbau mereka agar tidak lagi melakukan hal-hal yang melanggar hukum.

"Ini bukan bebas murni, tapi bebas asimilasi. Jadi menjalani masa hukumannya di rumah," tambahnya.

Jumlah napi yang mendapat asimilasi dan integrasi ini akan bertambah, mengingat daftar yang mendapat kebijakan tersebut, narapidana di Rutan Kelas IIB Sumenep ada 45 orang. Sisa dari yang bebas hari ini masih dalam proses. Selain yang dapat kebijakan, juga ada 1 orang napi yang bebas langsung (CB) hari ini.

Agus menjelaskan, Rutan Kelas IIB Sumenep saat ini sudah mengalami over kapasitas. Kapasitas rutan itu yakni untuk 150 tahanan. Selama ini, Rutan Kelas IIB Sumenep dihuni sekitar 300 tahanan. ( Nita, Fer )

image

FPI Datangi DPRD Kabupaten Sumenep Tolak RUU HIP

Kategori : Hukum

Media Center, Rabu ( 01/07 ) Dewan Pengurus Wilayah Front Pembela Islam (DPW FPI) Sumenep, Madura, Jawa Timur, datangi gedung DPRD

image

Polres Sumenep Tetap Proses Kasus Beras Oplosan

Kategori : Hukum

Media Center, Senin ( 29/06 ) Polres Sumenep, Madura, Jawa Timur, tetap melanjutkan proses penyidikan dugaan perkara kasus pengoplosan beras, yang

image

IAA Sumenep Mejahijaukan Pemposting Komentar Ajaran PKI Di Facebook

Kategori : Hukum

Media Center, Jumat ( 19/06 ) Ikatan Alumni An-Nuqayah (IAA) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, akan mengambil langkah tegas dengan