Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 22-06-2018
  • 398 Kali

Pemkab Gelar Pesta Dan Festival Ketupat Di Pantai Lombang

Media Center, Jumat ( 22/06 ) Pemerintah Kabupaten Sumenep menggelar Festival Ketupat tahun 2018 sebagai rangkaian kegiatan Tahun Kunjungan Wisata (Visit Sumenep) 2018. Festival Ketupat ini dikemas dalam 2 kegiatan, yakni Lomba Masakan Ketupat dan Lomba Kreasi Ketupat, yang dipusatkan di Pantai Lombang, Kecamatan Batang-batang, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur pada Sabtu (23/06).

“Kami menggelar Festival Ketupat ini untuk menggairahkan dan menghidupkan kembali tradisi leluhur di tengah-tengah masyarakat Sumenep, sebab tradisi Hari Raya Ketupat (Tellasan Topak) telah berlangsung sejak dulu setelah lebaran Hari Raya Idul Fitri,” kata Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, Jum'at (22/06).

Ia menyatakan, pihaknya merencanakan menyelenggarakan kegiatan Festival Ketupat setiap tahun, sebagai upaya Pemerintah Daerah untuk melestarikan tradisi kearifan lokal masyarakat Sumenep.

“Festival Ketupat tahun ini sengaja kami agendakan dalam program 42 rangkaian kegiatan di Tahun Kunjungan Wisata atau Visit Sumenep 2018. Selain sebagai upaya melestarikan tradisi, juga untuk mempromosikan potensi wisata di Kabupaten Sumenep kepada masyarakat luar daerah,” tutur pengusaha muda sukses ini.

Wakil Bupati mengungkapkan, Pemerintah Daerah di acara Festival Ketupat ini juga menggelar Pesta Rakyat, salah satu kegiatannya, yakni makan ketupat antara pejabat di Kabupaten Sumenep bersama masyarakat.

“Silahkan masyarakat yang ingin berekreasi di Pantai Lombang, juga bisa menikmati makanan ketupat bersama para pejabat di Kabupaten Sumenep,” pungaksnya.

Peserta Festival Ketupat antara lain diikuti semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep, Kecamatan dan masyarakat umum.

Sesuai jadwal, pelaksanaan Pesta Ketupat dan Festival Ketupat di Pantai Lombang itu dimulai sejak pagi pada pukul 08.00 WIB. ( Yasik, Esha )