Sms Pengaduan :
news_img
  • ADMIN
  • 15-07-2018
  • 575 Kali

Puluhan Burung Macaw Ikuti Turnamen Tingkat Nasional Di Sumenep

Media Center, Minggu ( 15/07 ) Puluhan Burung Macaw dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti Turnamen Macaw Free Flight Tingkat Nasional 2018 di Kabupaten Sumenep, Minggu (15/05).

Ketua Panitia Pelaksana Turnamen Macaw Free Flight Sumenep 2018, Masanur Rachmansyah Arif, SH, M.Hum mengatakan, pihaknya menyelenggarakan lomba burung Macaw selain untuk silaturrahim diantara pecinta burung Macaw di Indonesia, juga sebagai sarana promosi untuk memperkenalkan potensi Kabupaten Sumenep tentang destinasi wisatanya yang sangat luar biasa.

“Saya ingin mempromosikan tentang wisata Sumenep yang sangat luar biasa kepada masyarakat di luar Madura, sehingga potensi wisata di Sumenep semakin terkenal. Sekaligus memperkenalkan burung Macaw kepada masyarakat yang memiliki keindahan tersendiri.” tuturnya.

Masanur Rachmansyah Arif menyatakan, lomba burung Macaw tingkat nasional di Kabupaten Sumenep sejatinya merupakan kegiatan pertama kali dilaksanakan, sebab penyelenggaraan lomba burung Macaw tingkat Nasional, biasanya di Provinsi.

“Penilaian dalam lomba burung ini, yakni burung Macaw-nya yang mendarat paling terakhir sebagai pemenangnya. Semoga dengan kegiatan ini bisa membantu promosi Kabupaten Sumenep kepada masyarakat di luar Madura.” tegas Masanur Rachmansyah yang juga Ketua Pengadilan Negeri Sumenep.

Sebanyak 40 burung Macaw peserta Turnamen Macaw Free Flight Tingkat Nasional 2018 di Kabupaten Sumenep diantaranya berasal dari Jakarta, Tanggerang, Bandung Jogja dan Surabaya.

Sementara itu Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si, mengungkapkan, lomba burung Macaw ini sebagai bentuk partisipasi pecinta burung Macaw dalam rangka mensukseskan program Tahun Kunjungan Wisata Sumenep (Visit Sumenep) 2018.

“Semoga dengan kegiatan ini masyarakat luar Madura lebih mengenal Kabupaten Sumenep yang memiliki destinasi wisata tidak kalah dengan daerah lainnya di Nusantara.” tegasnya.

Bupati mengakui, Kabupaten Sumenep sejatinya memiliki burung istimewa, sebab di pulau Masakambing Kecamatan (Pulau) Masalembu ada burung Kakatua Jambul Kuning.

“Burung Kakatua Jambul Kuning itu jenis abboti dan hanya ada di Kecamatan Pulau Masalembu saja. Jadi keberadaan burung Kakatua Jambul Kuning telah dilakakukan perlindungan untuk menjaga spesies burung langka itu tetap terus hidup dan beranak-pinak.” pungkasnya. ( Yasik, Fer )